UNTUK INDONESIA
3493 Personel Gabungan Siap Amankan Pilkades Banyuwangi
Sebanyak 3493 personel gabungan dari berbagai unsur siap mengamankan kontestasi pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Banyuwang.
Forpimda Banyuwangi tengah mengecek persiapan personil dalam apel gabungan (Foto: Tagar/Rizki Restiawan)

Banyuwangi - Sebanyak 3493 personel gabungan dari berbagai unsur siap mengamankan kontestasi pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Banyuwangi, Jawa Timur yang digelar hari ini, Rabu, 9 Oktober 2019.

Pengamanan terdiri atas 864 personil dari unsur kepolisian, 310 personil TNI, serta 2.030 personil dari Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas).

Pasukan juga diperkuat 289 personil BKO tambahan yang terdiri dari 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) dari Brimob Polda Jatim, 1 regu penjinak bom, serta bantuan dari Jember, Situbondo, dan Bondowoso.

Mulai hari ini mereka akan langsung bergeser menuju wilayah penugasan.

Sebagai persiapan pengamanan, Polres Banyuwangi menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Gandrung di Taman Blambangan, Selasa, 8 Oktober 2019. Apel ini dipimpin langsung oleh Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi.

Apel dihadiri forum pimpinan daerah, Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko, Komandan Distrik Militer (Dandim) Letkol Inf. Yuli Eko P, dan Kepala Kejaksaan Negeri Banyuwangi M. Mikroj

Dalam amanatnya, Kapolres mengatakan apel gelar pasukan ini untuk mengecek kesiapan akhir para personil keamanan, termasuk juga sarana dan prasarana yang diperlukan.

"Mulai hari ini mereka akan langsung bergeser menuju wilayah penugasannya dan bertugas hingga penghitungan hasil suara selesai pada Kamis, 10 Oktober 2019 nanti," kata Taufik.

Baca juga: Tim Gabungan Periksa Urine Sopir Bus Mudik di Aceh

Ribuan personel tersebut, lanjut Kapolres, akan disebar di 130 TPS di seluruh Banyuwangi. Jumlah personel di setiap TPS menyesuaikan dengan potensi kerawanan masing-masing lokasi.

"Untuk pengamanan di daerah aman, 1 personil bisa meng-cover 2-3 TPS. Di zona rawan 1 personil untuk 1 TPS. Sementara sangat rawan, 1 TPS akan dijaga hingga 2 personil. Ini untuk meminimalisir hal-hal yang tidak kita harapkan," kata dia.

Sementara itu Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf berterima kasih atas dukungan dan sinergi seluruh aparat Kepolisian dan TNI, termasuk satlinmas dalam mengamankan pilkades besok. Wabup berharap pelaksanaan Pilkades dapat berjalan aman sebagaimana harapan semua pihak.

"Kami yakin dengan sinergi ini pesta demokrasi warga desa besok insyaallah akan berjalan aman dan lancar. Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pengamanan Pilkades," kata Yusuf.

Dia meminta kepada masyarakat umum, termasuk warga desa untuk turut berpartisipasi menciptakan situasi yang aman. Meskipun saling berbeda dukungan calon, namun semangat persaudaraan desa tetap terjaga.

"Mari kita jalani proses pilkades yang sejuk. Apapun hasilnya nanti, seluruh warga harus mendukung calon terpilih untuk bekerja bagi kemajuan desa," kata Yusuf. (*)

Berita terkait
TNI Tangan Kiri, Polri Tangan Kanan Presiden
Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo mengingatkan agar Tentara Nasional Indonesia dan Polri jangan mau dibenturkan.
Kado Spesial Polda Jatim, 2000 SIM Gratis untuk TNI
Polda Jatim memberi kejutan dalam rangka meriahkan HUT TNI ke -74, di mana Polda Jatim mengratiskan 2000 SIM untuk TNI
Foto: Kapolri dan Panglima TNI Tinjau Demo STM di Slipi
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian meninjau langsung demo pelajar STM di Slipi.
0
Siaga Corona, Kereta Api Kesehatan Keliling Jawa
Kereta api kesehatan atau rail clinic keliling Jawa untuk membantu pencegahan penyebaran virus corona. Stasiun mana saja?