346 Orang di Gedung DPR Sembuh dari Covid-19

Jumlah ini kemungkinan bakal lebih besar karena Setjen hanya menghitung jumlah orang yang melakukan tes di laboratorium yang difasilitasi di DPR.
Gedung DPR RI. (Foto: Tagar/Ayo Semarang)

Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar mengtakan, 346 orang  di lingkungan kantor wakil rakyat telah sembuh dari paparan virus Covid-19. Jumlah itu ermasuk anggota DPR, ASN, Tenaga Ahli (TA), petugas kebersihan, petugas Pamdal dan staf penunjang lainnya. 

Menurut Indra, jumlah ini kemungkinan bakal lebih besar karena Setjen hanya menghitung jumlah orang yang melakukan tes di laboratorium yang difasilitasi di DPR.

"Di data kami, mereka-mereka yang melakukan tes di lab-lab di DPR. Kalau yang di luar kita nggak monitor. Sebenarnya bisa aja tafsirnya bisa lebih besar, sangat mungkin," terang Indra kepada wartawan, Kamis, 21 Juli 2021.

Dia menjelaskan, dari total kasus positif, jumlah anggota DPR yang terpapar ada 29 anggota, yang sudah negatif 24 orang. Sehingga yang masih positif ada 5 orang. 

"Semuanya jumlahnya sih 511 yang sudah negatif 346, yang masih positif 165," katanya.

Karena itu, lanjutnya, pengetatan di lingkungan Kompleks Parlemen akan terus dilakukan bahkan sangat diperketat. Untuk kegiatan masa reses, sudah dibicarakan soal mekanisme kunjungan kerja (kunker) yang berbeda.

Berkenaan dengan kegiatan dengan konstituen di daerah pemilihan (dapil), pertanggungjawabannya bisa dengan foto atau video, tidak perlu menyerahkan bantuan secara langsung, tapi dengan tenaga ahlinya disampaikan dengan cara tidak langsung oleh anggota.


Di data kami, mereka-mereka yang melakukan tes di lab-lab di DPR. Kalau yang di luar kita nggak monitor. Sebenarnya bisa aja tafsirnya bisa lebih besar, sangat mungkin.


"Pertanggungjawaban bisa melalui foto atau video untuk kegiatan di Kundapil selama reses. Kalau di kantor selama reses kita ini sedang terus melakukan sterilisasi di semua ruangan-ruangan,” katanya.

“Jadi, kegiatan sekarang kan sedang minimal, ini kesempatan kita melakukan sterilisasi-sterilisasi di ruang kerja dan ruang rapat dan juga paripurna," ujarnya.


Baca Juga: DPR RI Bersedia Kompleks Parlemen Dijadikan RSD Covid-19

Berita terkait
Pengamat Usul Dana Reses DPR untuk Rakyat Terdampak Covid-19
Puan pernah mengajak membumikan Pancasila, sebaiknya politisi PDI Perjuangan terlebih dahulu memberikan contoh bersama 574 anggota DPR lainnya.
Komisi IX DPR: PPKM Darurat Tak Disosialisasikan dengan Baik
Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay mengatakan pemerintah tidak mensosialisasikan PPKM Darurat dengan maksimal dan sebaik-baiknya.
DPR Dorong Pemerintah Siapkan Skenario Terburuk Hadapi Covid
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris mendorong pemerintah untuk mempersiapkan skenario terburuk hadapi Covid-19 di luar Jawa.
0
346 Orang di Gedung DPR Sembuh dari Covid-19
Jumlah ini kemungkinan bakal lebih besar karena Setjen hanya menghitung jumlah orang yang melakukan tes di laboratorium yang difasilitasi di DPR.