UNTUK INDONESIA
34 Rumah Warga Kediri Rusak Diterpa Puting Beliung
Selain merusak rumah warga, empat fasilitas umum rusak dan satu orang mengalami luka akibat puting beliung yang menerjang Kabupaten Kediri.
Atap rumah warga di Kabupaten Kediri rusak setelah diterjang angin puting beliung. (Foto: Polsek Kandat Kediri/Tagar/Fendhi Lesmana)

Kediri - Sejumlah wilayah di Kabupaten Kediri, Jawa Timur diterjang angin puting beliung, Minggu 1 Maret 2020. Akibatnya 34 rumah warga dan 4 fasilitas umum mengalami kerusakan dan menyebabkan seorang warga mengalami luka.

Pelaksana tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri Slamet Turmudi mengatakan satu warga yang mengalami luka bernama Iksan, warga Desa Ngereco, Kecamatan Kandar, Kabupaten Kediri. Iksan mengalami luka dibagian kepala setelah tertimpa atap genting.

Kerusakan tidak hanya di rumah warga, tetapi sejumlah fasilitas umum seperti sekolah, kantor balai desa, dan Pustu (Puskesmas Pembantu) juga mengalami kerusakan.

Slamet mengatakan ssetidaknya ada tiga kecamatan di Kabupaten Kediri yang terkena dampak bencana puting beliung. Tiga wilayah Kecamatan yang dimaksud diantaranya Kecamatan Kandat, Kecamatan Kepung dan Kecamatan Wates.

"Kerusakan tidak hanya di rumah warga, tetapi sejumlah fasilitas umum seperti sekolah, kantor balai desa, dan Pustu (Puskesmas Pembantu) juga mengalami kerusakan," ujarnya melalui keterangan tertulisnya kepada Tagar, Senin 2 Maret 2020.

Selain itu, akibat puting beliung sejumlah pohon besar yang ada di Kabupaten Kediri tumbang dan aliran listrik juga terputus.

"Kita cepat melakukan penanganan atas bencana alam yang terjadi. Anggota turun langsung ke lokasi untuk melakukan pendataan sejumlah bangunan fisik yang terdampak," ucapnya.

Hingga kini petugas masih terus menjalin komunikasi dengan berbagai jaringan penggiat kebencanaan di Kabupaten Kediri, guna menggali informasi perihal cuaca dan kondisi di wilayah Kabupaten Kediri. []

Berita terkait
Waswas Corona, Dinkes Surabaya Gencar Sosialisasi
Dinas Kesehatan Surabaya membagikan selebaran tentang virus corona di CFD Taman Bungkul untuk memberikan pemahaman dan cara pencegahannya.
Brimob Gugur di Timika Dimakamkan di TMP Trenggalek
Anggota Brimob, Bharatu Anumerta Doni Priyanto yang gugur usai baku tembak dengan KKB Papua mendapatkan kenaikan pangkat dari Kapolri.
Cinta SBY-Ani Yudhoyono di Museum Pacitan
Pembangunan museum dan galeri seni SBY-Ani Yudhoyono merupakan kado Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pacitan ke-275.
0
Imbas Covid-19, Relaksasi Kredit BRI Capai Rp 57 T
BRI menyatakan bakal terus memberikan fasilitas restrukturisasi kredit bagi nasabah perseroan yang terimbas pandemi virus corona.