UNTUK INDONESIA
3.008 Peserta Bersaing Ikut Ujian SMMPTN Unsyiah
Sebanyak 3.008 orang peserta mengikuti Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) di Universitas Syiah Kuala.
Peserta Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Universitas Syiah Kuala, Kamis 18 Juli 2019. (Foto: Tagar/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh - Sebanyak 3.008 orang peserta mengikuti Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Darussalam, Banda Aceh, Kamis 18 Juni 2019.

Dari jumlah tersebut, mereka terbagi dalam kelompok sains dan teknologi (Saintek) sebanyak 1.354, sosial dan humaniora (Soshum) sebanyak 1.470, dan sisanya sebanyak 184 orang masuk dalam kelompok campuran.

Rektor Unsyiah, Samsul Rizal mengatakan ujian dipusatkan di beberapa lokasi di Unsyiah, seperti Ruang Kuliah Umum (RKU), Pusat Bahasa, Fakultas Teknik, FKIP, FISIP, Fakultas Hukum, hingga Gedung AAC Dayan Dawood.

"Ujian SMMPTN tahun ini di Unsyiah berlangsung lancar dan tertib. Kita tidak menghadapi kendala berarti selama proses ujian berlangsung," katanya.

Ini merupakan tahapan akhir, dan kita berharap mereka yang ikut hari ini mendapatkan hasil maksimal

Sementara itu, Wakil Rektor I Unsyiah Bidang Akademik, Marwan menyebutkan ujian dibagi dalam dua tahap, yakni mulai pukul 07.00 WIB untuk kelompok Saintek serta campuran, dan mulai pukul 09.45 WIB untuk kelompok Soshum.

Ujian SMMPTN yang kerap disebut Jalur Mandiri ini merupakan seleksi terakhir penerimaan calon mahasiswa baru Unsyiah untuk jenjang sarjana (S-1).

"Ini merupakan tahapan akhir, dan kita berharap mereka yang ikut hari ini mendapatkan hasil maksimal sehingga dapat bergabung bersama Unsyiah," terangnya.

Ia juga menegaskan bagi peserta ujian yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan, diharuskan untuk mengikuti ujian keterampilan pada Jumat-Sabtu, 19-20 Juli 2019.

Ujian keterampilan Unsyiah akan dipusatkan di dua tempat. Bagi mereka yang memilih program studi bidang seni, ujian akan berlangsung di Program Studi Sendratasik.

Sementara peserta bidang olahraga, ujian akan berlangsung di Stadion Prof Dr M Ali Basyah Amin MA, atau biasa disebut Stadion Unsyiah.

Sebelumnya, Unsyiah telah menerima sebanyak 3.025 mahasiswa melalui jalur Seleksi Bersama Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan 2.039 mahasiswa dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).[]

Baca juga:

Berita terkait
0
Mutu Pendidikan di Sumbar Diklaim Masih Kurang
Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat menilai mutu pendidikan di Sumbar masih kurang.