UNTUK INDONESIA
30 TKA asal China di Simalungun Dibawa ke Puskesmas
Tenaga Kerja Asing asal China di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, didata, mengantisipasi penyebaran virus corona.
Virus Corona. (Foto: axios.com)

Simalungun - Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, didata, mengantisipasi penyebaran virus corona yang berasal dari Wuhan, China.

Sedikitnya ada 30 TKA tercatat Dinas Tenaga Kerja yang berkerja di Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) di Kabupaten Simalungun.

"TKA kita ada di sana 30 orang sesuai dengan izin pusat. Mereka sudah melapor dan kita sudah data," ucap Kadis Tenaga Kerja Simalungun Marolop Silalahi, Selasa 28 Januari 2020.

Sehubungan dengan virus corona, kata dia, pihaknya sudah menyurati seluruh perusahaan di Kabupaten Simalungun yang memperkerjakan TKA. 

Untuk saat ini, Kabupaten Simalungun masih aman dari virus itu

"Kita bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk memeriksakan seluruh TKA ke Puskesmas masing-masing," tandasnya.

Terpisah, Kadis Kesehatan Simalungun dr Lidya Saragih, menuturkan pihaknya telah membentuk tim dalam penanganan virus corona yang dipimpin tiap-tiap kepala Puskesmas di wilayah Kabupaten Simalungun.

"Setelah itu nanti Kepala Puskesmas melaporkan dari diagnosa mereka jika ada terindikasi virus corona. Untuk saat ini, Kabupaten Simalungun masih aman dari virus itu," kata dia.

Lidya mengimbau masyarakat, jika mendapati gejala-gejala semacam virus corona agar segera melaporkan dan mendatangi pelayanan kesehatan terdekat.

"Beristirahatlah yang cukup, banyak minum air [hangat], cuci tangan dengan sabun, pakailah masker jika berpergian keluar dari rumah," imbaunya.

Seperti diketahui, gejala virus corona ditandai dengan demam-demam, batuk, dan kesulitan dalam bernafas. Berbagai sumber menyebut, virus kemungkinan berasal dari hewan yang berpindah ke manusia. []

Berita terkait
Enam Antisipasi Ibu Hamil Tak Tertular Virus Corona
Virus corona tidak mengenal usia, bahkan ibu hamil bisa tertular penyakit tersebut. Berikut ulasannya.
Dinkes Sibolga Sebut Corona Dapat Menular dari Ikan
Dinas Kesehatan Kota Sibolga, Sumatera Utara menyebut, virus corona dapat ditularkan melalui ikan.
Cegah Virus Corona, Wishnutama Alihkan Wisata China
Menparekraf Wishnutama Kusubandio mengimbau semua pemangku kepentingan sektor pariwisata di tanah air, turut mencegah Novel Coronavirus.
0
Nasib Bisnis Travel Pegadaian Pasca Moratorium Umrah
Pegadaian menyiapkan langkah strategis mengantisipasi dampak penyebaran virus corona yang melanda Indonesia, bagi agen perjalanan