UNTUK INDONESIA
30 Orang Sembuh, 227 Pasien Positif Corona di NTB
Sebanyak 30 pasien positif Covid-19 di NTB dinyatakan sembuh. Sedangkan yang positif Covid-19 berjumlah 227 orang.
Pemeriksaan tahap II terhadap pasien Covid-19 di Kabupaten Lombok Timur. (Foto: Tagar/Dok. Penrem 162WB)

Mataram - Sebanyak 30 pasien positif Covid-19 di NTB dinyatakan sembuh, selain itu terdapat 21 sampel kasus baru positif Covid-19. Berdasarkan data dari tim Gugus Tugas, total pasien positif 227 orang.

Jumlah warga NTB yang sembuh Covid-19 melonjak tajam. Berdasarkan pembaruan data Gugus Tugas Covid-19, Selasa 28 April 2020, sebanyak 30 orang di NTB dinyatakan sembuh. Itu dikarenakan adanya penambahan delapan orang yang sembuh.

"Hari ini ada delapan orang lagi yang sembuh. Mereka dinyatakan sembuh karena telah melalui pemeriksaan laboratorium swab dua kali, dan hasil keduanyapun negatif," ungkap Sekda NTB, Gita Ariadi, Selasa malam, 28 April 2020.

Semoga hasil rapid test ini negatif semua, sehingga masyarakat tetap tenang dan terus melaksanakan imbauan pemerintah.

Delapan orang ini, sebut Gita, adalah pasien nomor 26 inisial SR laki-laki 55 tahun asal Selong, Lombok Timur. Kedua, pasien nomor 34 inisial R laki-laki 45 tahun asal Kediri, Lombok Barat.

Selanjutnya, pasien nomor 52 inisial R laki-laki 52 tahun asal Pringgasela, Lombok Timur. Keempat, pasien nomor 53 inisial LAM laki-laki 39 tahun asal Pringgasela, Lombok Timur.

"Yang kelima, yaitu pasien nomor 54 inisial M laki-laki 38 tahun asal Terara, Lombok Timur dan pasien nomor 58 inisial MA laki-laki 60 tahun penduduk Labuhan Haji, Lombok Timur," kata Gita Ariadi.

"Nah, untuk yang ketujuh pasien nomor 66 inisial KA laki-laki usia 39 tahun asal Wanasaba, Lombok Timur dan terakhir, pasien nomor 99 inisial N perempuan usia 62 tahun asal Labu Api, Lombok Barat," sambungnya.

Untuk mencegah penularan dan deteksi dini penularan Covid-19, Gita menegaskan jika petugas kesehatan terus melakukan pelacakan kontak terhadap semua orang yang pernah berinteraksi dengan orang yang terkonfirmasi positif.

Total kasus positif Corona di NTB, yaitu mencapai 227 kasus dan 193 orang positif dalam perawatan. Sementara 30 orang lainnya dinyatakan sembuh dan empat meninggal dunia. Hingga Selasa, 28 April ini tidak ada penambahan jumlah kasus yang meninggal dunia.

Meningkatnya jumlah kasus di NTB, itu dikarenakan adanya penambahan dari Kota Mataram, Kabupaten Bima, Lombok Timur, Lombok Tengah dan didominasi oleh Lombok Utara. Semua pasien dalam keadaan baik dan sedang masa perawatan.

Upaya serius juga dilakukan oleh tim Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanganan dan Pencegahan Covid-19 di Kabupaten Lombok Timur.

Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Jerowaru dari Puskesmas Sukaraja dibantu Koramil dan Polsek Keruak melaksanakan tes cepat lanjutan tahap dua terhadap 80 orang warga Desa Batunampar dan Desa Pane pada Selasa 28 April 2020.

Komandan Kodim 1615 Lombok Timur, Letnan Kolonel Inf Agus Prihanto Donny dalam keterangan tertulisnya mengatakan tes cepat lanjutan tersebut dilakukan sebagai upaya tracking contact untuk memastikan tidak adanya penularan virus Corona pada masyarakat.

Sebelumnya juga pernah dilakukan tes cepat terhadap 180 orang lebih dan berdasarkan hasil tracking contact sekitar 80 orang harus dilakukan pemeriksaan ulang. Namun ada beberapa orang yang mempunyai keluhan flu karena pernah kontak langsung dengan pasien positif.

"Semoga hasil rapid test ini negatif semua, sehingga masyarakat tetap tenang dan terus melaksanakan imbauan pemerintah," harap Agus Donny.

Selain itu, Agus Donny juga mengucapkan rasa syukur atas kepulangan enam orang warga yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 dan dirawat di RSUD Soedjono Selong.

"Alhamdulillah, hari ini enam orang dinyatakan sembuh dari pihak RSUD Soedjono Selong dan sudah pulang," ungkapnya. []

Berita terkait
Sudah 206 Pasien Positif Virus Corona di NTB
Pasien positif virus Corona di NTB terus bertambah, kini totalnya menjadi 206, yang terbaru ada penambahan 11 pasien.
Pasien Positif Covid-19 di NTB Terus Bertambah
Pasien positif Covid-19 di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terus bertambah. Total pasien positif mencapai 195 orang.
20 Warga NTB Sembuh dari Virus Corona
Jumlah orang yang sembuh dari Covid-19 di NTB mengalami penambahan, yang sebelummya 15 orang, kini menjadi 20 orang.
0
Jenis Olahraga yang Aman Selama Puasa
Namun, saat menjalani puasa Ramadan banyak orang yang malas berolahraga karena takut kelelahan, dan batal puasanya.