UNTUK INDONESIA
3 Toko Perlengkapan Natal Recommended di Bandung
Bandung, Jawa Barat, pusat mode Tanah Air. Di perayaan Natal, ada tiga toko di Bandung yang layak jadi rekomendasi mencari pernak-pernik Natal.
Pernak-pernik Natal berupa pohon Natal banyak diburu di masa perayaan Natal di Bandung, Jawa Barat. (Foto: Tagar/Fitri Rachmawati)

Bandung - Hari Raya Natal 25 Desember 2019 tinggal beberapa pekan. Mau merayakan natal tapi masih bingung mencari toko perlengkapan natal lengkap dengan pernak-perniknya.

Atau masih bingung mencari tempat membeli kado untuk teman, pacar atau keluarga yang akan merayakan Natal. Anda tak perlu khawatir. Kali ini Tagar merangkum tiga toko perlengkapan natal paling recommended di Bandung. Berikut rangkumannya:

1. Visi Christian Store

Di antara banyaknya pilihan toko perlengkapan natal yang ada di Bandung, Toko Visi Christian Store paling mudah ditemukan dibandingkan lainnya. Karena berlokasi di tempat yang cukup strategis yakni di Jalan Soekarno Hatta No 347.

Selain mudah ditemukan, Visi Christian Store juga toko paling lengkap menjual perlengkapan natal. Mulai dari pohon natal, lilin, lonceng dan ornamen-ornamen natal lainnya. Bahkan ragam kado banyak tersedia disini.

Tak hanya dikenal paling lengkap, toko di bawah nauangan PT Visi Anugerah Indonesia ini pun menawarkan harga yang cukup murah dengan kualitas barang yang tidak murahan.

Disamping itu, Visi Christian Store dikenal dengan keramahan pelayanannya. Terbukti takala Tagar datang berkunjung disambut baik dan diajak berkeliling ke toko untuk melihat-lihat perlengkapan Natal di toko tersebut.

Dua minggu sebelum Natal yang banyak dicari ya pohon Natal dan ornamen Natal lain.

Natal2Pohon Natal banyak diburu di Visi Christian Store. (Foto: Tagar/Fitri Rachmawati)

Salah satu sales promotion boy (SPB) Visi Christian Store, Wilson M mengatakan dari beberapa perlengkapan Natal yang paling laris untuk saat ini adalah pohon, hiasan bunga dan berbagai ornamen terkait Natal.

“Dua minggu sebelum Natal yang banyak dicari ya pohon Natal dan ornamen Natal lain. Ini saja beberapa stok sudah habis karena banyaknya pembeli terutama online,” tuturnya Senin, 9 Desember 2019.

Wilson menjelaskan, pohon Natal dibandrol dengan harga mulai Rp 600 ribu sampai Rp 1 juta. Malah yang seharga Rp 1,5 juta juga tersedia. 

“Kado untuk Natal pun beragam. Dan harganya cukup murah mulai dari Rp 30 ribu sampai di bawah Rp 1 juta ada," sebut dia. 

Sementara untuk ornamen natal, harganya variatif mulai dari Rp 20 ribu sampai Rp 300 ribu, bahkan lebih. "Untuk saat ini kebanyakan yang dicari pajangan dinding yang ada kalimat motivasi atau rohani. Mulai yang pajangan dinding model lama dan yang lagi trend ada di sini dan banyak dicari,” jelas Wilson.

Wilson menambahkan, t-shirt dan bantal yang bernuansa natal tak kalah laris. Banyak diburu konsumen, terutama kaus yang ada gambar sinterklas. Barang tersebut masuk ke kategori fast moving dan harus terus tersedia.

“Kalau tak sempat berkunjung ke toko kami, konsumen bisa mengunjungi www.visiklik.com yang merupakan website toko resmi kami. Di situ banyak program diskon atau promo yang jarang diberikan di toko offline,” terang dia. 

2. One Eighty

Toko perlengkapan natal paling recommended kedua, yaitu One Eighty. Toko ini berada di Paskal Hyper Square Bandung, blok B Nomor 46. Terletak di kawasan yang cukup strategis dan mudah dicari.

SPB One Eighty bernama Dino menuturkan mengingat momen Natal sudah dekat, tingkat kujungan ke toko meningkat cukup signifikan dibanding hari biasa. Peningkatannya terasa mulai awal Desember dan diprediksikan akan terus bertambah sampai H-1 Natal.

“Saat ini sudah banyak pembeli, terutama yang membeli kado Natal. Tapi kalau dibandingkan tahun kemarin, antusiasmenya di tahun ini sedikit kurang. Nampak dari jumlah konsumen yang datang dan membeli, tidak sebanyak saat waktu yang sama menjelang Natal di 2018,” jelas dia.

Tren penurunan tersebut terlihat di penjualan perlengkapan Natal. Diperkirakan karena perlengkapan Natal tahun lalu masih bisa digunakan untuk momen yang sama tahun ini. 

“Tahun ini sedikit slow session ya, dibandingkan tahun kemarin. Apalagi untuk perlengkapan Natal, stok yang ada sampai saat ini belum banyak yang keluar. Padahal kalau tahun kemarin, di awal Desember stok kami sudah habis,” jelas dia.

Tahun ini sedikit slow session ya, dibandingkan tahun kemarin.

Natal3Penurunan penjualan ornamen Natal terjadi di One Eighty. Meski begitu, pernak-pernik Natal tetap banyak diburu konsumen. (Foto: Tagar/Fitri Rachmawati)

Untuk perlengkapan Natal yang banyak dicari, sampai saat ini masih didominasi pohon, lampu, tatakan lilin beserta lilinnya. Perlengkapan tersebut dianggap perlengkapan wajib ada di setiap perayaan Natal.

“Top perlengkapan yang paling dicari pohon Natal, baik yang berukuran kecil atau besar. Rate harga mulai dari Rp 500.000 sampai kurang dari Rp 2 juta ada,” terang Dino.

Sementara untuk kado Natal, celengan kecil dan besar mulai dari Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu, banyak dibeli. Kemudian hiasan dinding, disusul bantal bernuansa Natal.  

“Di antara beraneka jenis kado Natal, di sini banyak celengan yang dibeli konsumen. Hari ini saja, sudah ada yang pesan 250 pcs celengan. Sedangkan untuk buku dan CD rohani atau patung Yesus agak kurang diminati. Paling hanya beberapa dan yang beli kebanyakan orang tua,” tutur dia.

Ditambahkan, harga perlengkapan dan kado Natal di One Eighty variatif, paling murah Rp 25 ribu dan termahal bisa sampai Rp 2 juta lebih. Pelanggan bisa membeli offline atau online di banyak situs belanja seperti tokopedia, shopee dan lainnya.

“Kami tak punya website sendiri untuk toko online-nya, tapi konsumen yang ingin membeli perlengkapan Natal atau kado bisa membeli online di banyak situs belanja," ujarnya. 

3. Christmas Store Metro TSM

Toko perlengkapan Natal ketiga yang perlu Anda jadi rujukan adalah Christman Store Metro. Berlokasi di Trans Studio Mall (TSM) Jalan Gatot Subrono, tepatnya berada di lantai dasar No 58 atau di depan pintu masuk TSM.

Dibandingkan dengan toko perlengkapan Natal lainnya, Christmas Store Metro ini tidak terlalu lengkap. Tetapi, bisa menjadi alternatif pilihan untuk konsumen yang tinggal tak jauh dari TSM.

SPB Christman Store Metro Asep Ridwa menuturkan saat ini pembeli banyak mencari pohon Natal dan ornamen Natal dibandingkan kado Natal. Dan diprediksi pembeli akan semakin ramai sepekan sebelum perayaan Natal.

“Di toko kami, kebanyakan pembeli banyak mencari pohon Natal. Mulai harga Rp 600 ribu sampai Rp 2 juta tergantung dari jenis dan tinggi pohonnya,” tutur dia.

Seperti Lebaran ya, perayaan Natal pun biasanya pembeli banyak membeli baju baru. 

Natal4Christman Store Metro di Trans Studio Mall Jalan Gatot Subrono, Bandung. (Foto: Tagar/Fitri Rachmawati)

Selain pohon, ornamen Natal seperti bola berwarna merah dan emas juga banyak diburu umat Nasrani. Termasuk ornamen lain semacam bunga dan bintang.

“Harga ornamen Natal beragam. Termurah mulai Rp 9 ribu sampai Rp 450 ribu pun ada, tapi itu hanya untuk ornamen atau aksesoris Natalnya saja,” jelas Asep.

Selain itu, lanjut Asep, pembeli pun banyak mencari boneka sebagai kado Natal. Mulai harga Rp 250 ribu sampai Rp 1,5 juta. Khusus konsumen perempuan, banyak yang mencari dress. Sebab biasanya para kaum hawa mengenakan gaun di perayaaan Natal.

“Seperti Lebaran ya, perayaan Natal pun biasanya pembeli banyak membeli baju baru. Terutama perempuan yang banyak memburu dress untuk dipakai di perayaan Natal,” sebutnya. 

Ditambahkan, mulai awal Desember sampai 25 Desember 2019, tokonya memberikan diskon mulai 20% hingga 70%. Terutama perlengkapan natal yang bisa dapat potongan sampai 70% dari harga normal.

Baca juga:

Berita terkait
Fraksi PSI-PKB Kritisi RAPBD 2020 Kota Bandung
Fraksi PSI-PKB Jawa Barat mengkritisi RAPBD 2020 Kota Bandung dan menyoroti komposisi anggarannya.
Mobil Dinas Mewah Perburuk Citra DPRD Jawa Barat
Lembaga Survei Indo Barometer mengkritik pembelian mobil dinas baru pimpinan DPRD Jawa Barat.
Teroris Terbanyak di Sumatera Utara dan Jawa Barat
Teroris terbanyak ditangkap di Sumatera Utara dan Jawa Barat setelah bom bunuh diri meledak di Markas Polrestabes Medan pada 13 November 2019.
0
Covid-19 di 17 Negara Eropa Antara 11.000 - 200.000
Penyebaran virus corona baru (Covid-19) di Eropa melanda semua negara bahkan di beberapa negara kasusnya jauh di atas jumlah kasus di China