3 Strategi Prita Ghozie Agar Investasi Enggak Kena Mental

Jika sudah sadar ingin berinvestasi tetapi takut dengan 3 hal itu, ada beberapa tips dari Prita Gozhie untuk mempersiapkan diri dan mental.
Prita Hapsari Ghozie. (Foto: Tagar/Instagram/@pritaghozie)

Jakarta – Investasi memang sering disorot sebagai salah satu cara untuk menyimpan dana yang menghasilkan sejumlah keuntungan di masa mendatang. Meskipun sering diperbincangkan, masih banyak yang takut untuk memulai investasi.

Banyak alasan yang menjadikan seseorang ragu untuk memulai investasi. Namun, beberapa alasan yang paling sering terjadi yakni tidak tau ingin memulai atau berinvestasi apa karena masih awam, takut akan kehilangan uangnya saat berinvestasi, dan tidak tahan melihat naik turunnya nilai investasi.

Jika sudah sadar ingin berinvestasi tetapi takut dengan 3 hal itu, ada beberapa tips dari Prita Gozhie untuk mempersiapkan diri dan mental sebelum mulai berinvestasi. Berikut adalah 3 strategi dari Prita Gozhie agar investasi enggak kena mental.


1. Melakukan test budget loss

Melakukan test budget loss menjadi salah satu strategi yang dapat membantu calon investor agar mampu mengelola mental dengan baik saat hendak berinvestasi. 

Sebagai contoh, kita harus tahu berapa besaran uang yang kita sanggup untuk hilangkan. Seperti uang Rp 50 ribu, apakah kita bisa menahan untuk tidak membeli Boba sebanyak dua kali?


2. Menoleransi potensi rugi

Melanjuti tahapan test budget loss, semakin besar kita mampu menoleransi potensi rugi, mental kita untuk berinvestasi juga akan semakin terbentuk. 

Sebagai contoh, jika terkena potensi rugi sebesar 5 persen dari modal sudah merasa marah, mungkin Anda baru bisa menabung di reksa dana pasar uang.

Selanjutnya, jika Anda terkena potensi rugi sebesar 20 persen dari modal dan sudah marah, berarti Anda lebih cocok untuk bergabung ke dalam reksa dana saham. Namun, jika Anda merasa baik-baik saja saat terkena potensi rugi sebesar 50 persen, Anda berarti sudah siap untuk berinvestasi saham.


3. Start small but start now

Cara belajar investasi terbaik adalah dengan langsung melakukannya. Agar tidak terkena mental saat melakukan investasi, Prita Ghozie menyarankan untuk start small but start now atau mulai dari yang kecil tetapi dimulai dari sekarang. 

Tidak ada salahnya untuk memulai dari uang kecil Rp 100 ribuan sambil cek ombak berapa potensi rugi yang bisa Anda toleransi.

(Rana Maheswari Ummairah)


Berita terkait
Mau Investasi Emas Secara Online? Ini Tips Paling Aman
Saat ini masyarakat di berbagai negara dimudahkan dengan adanya investasi emas secara online. Begini tips paling aman yang harus kamu ikuti.
Begini Tips Memilih Manajer Investasi
Karena kinerja reksa dana yang kamu miliki bergantung pada kecerdasan manajemen investasi dalam mengatur portofolio kamu.
Begini Tips Sebelum Investasi Saham Ala Aline Wiratmaja
Salah satu investasi yang banyak dipilih masyarakat Indonesia adalah investasi saham karena legal dan berpotensi menghasilkan keuntungan.
0
3 Strategi Prita Ghozie Agar Investasi Enggak Kena Mental
Jika sudah sadar ingin berinvestasi tetapi takut dengan 3 hal itu, ada beberapa tips dari Prita Gozhie untuk mempersiapkan diri dan mental.