3 Strategi Marketing untuk Pebisnis Pemula

Bisnis yang lancar dapat menghasilkan pendapatan sesuai yang kita harapkan.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Menjalankan bisnis tentunya adalah kegiatan yang tidak mudah. Dikarenakan menjalankan bisnis juga memerlukan strategi yang baik dan benar agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan lancar dan tentunya dapat menghasilkan pendapatan sesuai yang kita harapkan. 

Tetapi banyak dari kita yang belum mengetahui bagaimana strategi bisnis yang akan dipilih. Berikut 3 pilihan strategi bisnis untuk kamu para pemula dalam bidang bisnis.


1. Sosial media marketing

Sosial media marketing merupakan langkah pemasaran yang bisa dilakukan melalui media sosial. Anda bisa membuat konten yang tepat dan sesuai dengan bisnis, sehingga calon konsumen tertarik untuk melihatnya. Di dalam teknik yang satu ini, pemilihan media sosial merupakan poin penting yang tak bisa diabaikan. Selain itu, juga harus bisa menyasar target bisnis yang tepat sejak awal, agar pemasaran ini bisa mendatangkan angka penjualan maksimal.


2. Perencanaan produk

Bagian dari teknik pemasaran selanjutnya adalah melakukan perencanaan produk. Hal tersebut meliputi detail produk yang terperinci, pemberian merek produk, pengemasan, serta persediaan produk. Dalam hal ini juga meliputi ikatan emosional antara penjual dan pembeli sehingga memungkinkan pembeli untuk membeli produk tersebut. Melakukan pengenalan suatu produk dapat dilakukan dengan cara diferensiasi produk atau perencanaan produk yang berbeda dari produk lainnya. Hal tersebut bisa berupa pengemasan yang lebih menarik atau juga pelayanan terbaik dalam menerima keluhan.


3. Promosi melalui mulut ke mulut

Word of mouth (WOM), cukup efektif untuk pemasaran. Bahkan dari dulu, promosi model ini merupakan promosi yang paling efisien dan mudah untuk dilakukan agar produk tersebut mudah dikenali oleh banyak orang. Untuk menciptakan WOM tersebut harus memiliki Products Branding.

Di Indonesia sendiri, promosi melalui mulut ke mulut sudah menjadi tradisi dan indikator bahwa pemasaran pada suatu bisnis yang sukses. Oleh sebab itu, pastikan Anda memperhatikan pentingnya untuk menciptakan produk yang berkualitas atau imej yang baik terhadap produk tersebut. Pasalnya secara tidak langsung, konsumen pun akan bertindak sebagai promotor. []

(Anfasya Qurratul Aini)


Baca Juga:

Berita terkait
Manfaat Personal Branding untuk Membangun Bisnis
Membangun personal branding dalam berbisnis adalah sebuah keharusan jika ingin mencapai kesuksesan sesuai dengan apa yang kamu inginkan.
Pertimbangan dan Strategi Saat Bisnis Apartemen
Bagaimanakah cara agar apartemen yang Anda ingin jadikan bisnis sewa menyewa mampu menghasilkan keuntungan yang maksimal?
Pahami Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise
Namun, sebagaimana bisnis yang lainya, bisnis waralaba juga memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri, yang harus dipahami.
0
Alasan Harga Lahan Semakin Tinggi Setiap Tahun
Kebutuhan masyarakat akan perumahan sebagai tempat tinggal tidak akan ada habisnya.