3 Rumah di Grobogan Terbakar, Satu Ludes Dilalap Api

Kebakaran melanda tiga rumah warga di Desa Tuko, Grobogan. Satu di antaranya ludes dilalap api.
Tiga rumah di Grobogan terbakar, Sabtu, 16 Januari 2021. Satu rumah diketahui ludes dilalap api. (Foto: Tagar/Istimewa)

Grobogan - Tiga rumah di Dusun Sugihan RT 1 RW 13 Desa Tuko, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, terbakar, Sabtu, 16 Januari 2021. Kejadian kebakaran ini viral di media sosial Facebook. 

Sebuah video pendek yang diunggah Anita Indra W memperlihatkan besarnya kobaran api melalap bangunan rumah warga Tuko. Sejumlah perempuan terlihat berlarian panik. Beberapa kali perempuan tersebut meneriakkan permintaan air untuk memadamkan api.

"Tolong sekkiii ,.ng kidulan," tulis Anita Indra W.

Api pertama dijumpai di rumah Sampi.

Terpisah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Grobogan, Susanto membenarkan adanya kebakaran rumah di Desa Tuko, Kecamatan Pulokulon pada Sabtu pagi tadi. 

"Kami dapat laporan dari warga sekitar pukul 09.21 WIB. Pukul 09.35 WIB kami sampai di lokasi kejadian dan lakukan pemadaman," ujarnya saat dikonfirmasi Tagar.

Ada tiga rumah yang dilalap api, yakni rumah milik Sampi 80 tahun, Kasidi 60, tahun dan Yahmin 80 tahun. Dari ketiga rumah tersebut, rumah Sampi paling parah dan ludes dilalap jago merah. Sementara dua rumah lainnya terbakar sebagian.

"Api pertama dijumpai di rumah Sampi. Rumah tersebut terdapat banyak material mudah terbakar, sehingga dengan cepat api membesar dan melalap rumah tersebut," katanya.

Api juga merembet ke dua rumah tetangga yang posisinya berhimpitan dengan rumah Sampi. Rumah Kasidi dan Yamin di sampinnya ikut terbakar. Penanganan yang cepat dari petugas pemadam kebakaran membuat api tidak menjalar lebih jauh ke rumah warga lain.

"Kami turunkan dua unit mobil damkar untuk memadamkan api dalam kebakaran tersebut. Beruntung api bisa segera dijinakkan," tutur dia.

Baca juga: 

Dalam kebakaran ini, pihaknya memperkirakan ketiga korban mengalami kerugian senilai Rp90 juta. Soal penyebab kebakaran, Susanto mengatakan hal tersebut masih dalam penyelidikan Tim Inafis Polres Grobogan.

"Penyebab kami belum tahu. Masih dalam proses penyelidkan kepolisian," tutupnya. []

Berita terkait
Kebakaran di Langsa, Pemilik Rumah Terluka
Tiga rumah di Desa Sukarejo, Kecamatan Langsa Timur, Langsa, Aceh hangus terbakar. Pemilik rumah mengalami luka bakar di tangan.
Tiga Orang Meninggal Akibat Kebakaran di Polman Sulbar
Kebakaran yang terjadi di Jalan Budi Utomo Kabupaten Polewali Mandar sulawesi Barat menyebabkan tiga penghuni rumah tewas terpanggang.
Kebakaran di Mako Brimob Kelapa Dua Depok
Berdasarkan informasi, Denny menyebut api diduga berasal dari rumah yang letaknya tidak jauh dari area Gegana.
0
Bentuk Satgas BLBI, Mahfud MD: Mereka Tak Bisa Sembunyi Lagi
Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan, Satgas akan memburu para obligor dan debitur BLBI sehingga mereka tidak bisa kabur lagi.