UNTUK INDONESIA
3 Kompleks Kuburan Wisata Traveler Dunia, Gaya Nisannya Memesona
Nisannya yang memesona tak lagi dipenuhi sarang laba-laba. Sejumlah kompleks kuburan kini menjadi destinasi wisata para traveler dunia.
Kompleks kuburan Pere-Lachaise, Paris, Prancis. (Foto: parisinfo.com)

Jakarta - Nisannya yang memesona tak lagi dipenuhi sarang laba-laba hingga tempat nongkrong kelelawar. Sejumlah kompleks kuburan memang tak lagi seseram dahulu. Lebih-lebih kini menjadi destinasi wisata para traveler dunia. 

Mereka yang menyukai hal berbau mistis, menghargai gaya gotik, pengagum musisi, menikmati artitektur tempo dulu, menjadi kriteria traveler yang berkunjung ke kuburan ini.

Di mana saja sih kompleks kuburan yang jadi destinasi wisata traveler dunia itu? Simak berikut ini ya!

1. Highgate

Tak seperti kompleks kuburan yang semuanya terlihat menyeramkan, di Highgate suasananya ada yang mistis, ada yang seperti di taman kota romantis karena dihiasi nisan-nisan gaya Victoria.

Banyak traveler jalan-jalan di area pemakaman di London Utara, Inggris ini sembari menghirup udara segar, sementara lainnya mengamati deretan nisan yang memiliki artitektur tempo dulu.

Kompleks kuburan Highgate 2Kompleks kuburan Highgate, London Utara, Inggris. (Foto: Pinterest/Christina Watson)

Bila Anda berkunjung ke sini, coba langkahkan kaki menuju Egyptian Avenue. Jalan ini menjadi spot paling banyak dikunjungi wisatawan di Highgate lantaran paling fotogenik.

Setelahnya bisa menuju Circle of Lebanon, jalan yang akan memperlihatkan kepada Anda beberapa makam gotik di antara pohon cedar kuno. Di jalan ini nisannya banyak yang dihiasi ornamen obelisk atau patung malaikat besar. 

Selain itu, Highgate juga menjadi lokasi banyak nama-nama terkenal disemayamkan. Puluhan seniman, novelis, dan filsuf, termasuk pelukis Lucian Freud, penulis Douglas Adams, legenda musik Malcolm McLaren, dan bapak Komunisme Karl Marx, dimakamkan di sini.

Kompleks kuburan Highgate 1Kompleks kuburan Highgate, London Utara, Inggris. (Foto: samaa.tv)

2. Pere-Lachaise

Kompleks kuburan ini berada di Paris, Prancis. Bagi pengagum band rock asal Amerika Serikat, The Doors, nama lokasi ini pasti akrab ditelinga. Ya, Pere-Lachaise menjadi tempat peristirahatan terakhir vokalisnya yang fenomenal, Jim Morrison.

Pelantun tembang Alabama Songs itu tewas akibat overdosis obat-obatan terlarang pada 3 Juli 1971. Jenazahnya tak dikembalikan ke Amerika langsung dikubur di sini.

Baca juga:

Kerap dikunjungi, Pere-Lachaise seperti tempat kumpul musisi dan penggemar band rock dunia. Mereka yang datang ada yang menaruh rokok dan memberikan kenangan berupa coretan di nisan Jim.

Pere-Lachaise juga menjadi rumah terakhir penyair dan penulis terkenal Oscar Wilde. Di nisan kuburannya, banyak traveler meninggalkan kenangan berupa kata-kata menggunakan lipstik.

Kompleks kuburan Pere-LachaiseKompleks kuburan Pere-Lachaise di Paris, Prancis. (Foto: parisinfo.com)

3. La Recoleta

Jalan-jalan di kompleks kuburan di Buenos Aires, Argentina ini, seperti berada di tengah hunian padat dengan gaya arsitektur gotik, barok hingga neo-klasik. Jenazah yang dimakamkan di sini dipetak-petakan seperti rumah-rumah mungil.

Ada juga yang hanya diberikan nisan, tetapi tetap berwujud besar. Salah satunya ada yang berbentuk seperti miniatur jam Big Ben di Inggris. 

Kompleks kuburan La RecoletaKompleks kuburan La Recoleta di Buenos Aires, Argentina. (Foto: travesiasdigital)

Berita terkait
Rumah Apung Canggih, Kenyamanan Travel di Masa Depan
Vila di dataran tinggi hingga resor di pesisir pantai akan mendapat pesaing lain yang menawarkan kenyamanan travel ala sultan berupa rumah apung.
Terancam Punah, Taman Khusus Landak Dibangun di Inggris
Banyak alternatif hiburan di Inggris selain Big Ben dan Stonehenge. Kini muncul taman khusus untuk hewan landak yang terancam punah.
Mengenang Sean Connery di Tempat Syuting Film James Bond
Mengenang langkah Sean Connery, Tagar ajak kembali ke lokasi syuting James Bond sekaligus lokasi wisata dunia.
0
Jokowi Pasang Target Perhutanan Sosial 12,7 Juta Hektare
Jokowi menyampaikan pemerintahh telah melaksanakan program perhutanan sosial dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat selama enam tahun.