3 Kelebihan dari Deposito Berjangka

Banyak dari kita yang belum mengetahui kelebihan dari deposito berjangka sehingga engan untuk melakukannya.
Deposito (Foto: Tagar/freepik)

Jakarta - Investasi merupakan hal yang penting bagi banyak orang, karena dengan berivestasi maka kehidupan dimasa depan akan sedikit menjadi lebih tenang. Banyak sekali jenis investasi yang dapat dilakukan, bahkan sudah banyak platform yang menyediakan investasi online. Investasi yang mungkin jarang terdengar adalah investasi deposito berjangka. Banyak dari kita yang belum mengetahui kelebihan dari deposito berjangka sehingga engan untuk melakukannya.

Berikut kelebihan dari investasi berjangka 


Dapat diperpanjang otomatis

Bila Anda memakai deposito berjangka dan ketika memasuki tanggal jatuh tempo , maka dapat diperpanjang secara otomatis. Karena deposito berjangka menggunakan feature Automatic Roll Over (ARO). Biasanya feature ini akan ditanya di saat buka rekening deposito, Anda dapat pilih untuk memakainya atau mungkin tidak.

Nanti deposito akan diperpanjang secara otomatis dalam jumlah suku bunga yang anda dapatkan, sementara keuntungannya langsung bisa dicairkan. Tentu saja semakin memudahkan untuk melakukan transaksi bisnis dengan deposito berjangka.


Memudahkan investasi

Apabila Anda memiliki dana tidak dalam bentuk rupiah atau mata uang negara lain, Anda tidak perlu cemas untuk tetap berinvestasi. Beberapa Bank memiliki fasilitas investasi deposito berjangka dengan berbagai pilihan mata uang asing. Anda dapat menginvestasikan mata uang dollar, Poundsterling, Euro dan beberapa mata uang asing lainnya dalam bentuk deposito berjangka.


Keamanan lebih terjamin

Ketika menyimpan uang sendiri di rumah, akan ada perasaan was-was kalau saja uang tersebut bilang. Untuk mengatasinya dapat memilih salah satu produk bank ini. Deposito berjangka telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi, tak perlu khawatir karena keamanannya sudah terjamin. Bahkan meskipun bank pailit, deposito tersebut tetap dijamin dalam nominal yang telah ditentukan.


Tidak ada potongan bulanan

Tidak ada potongan biaya bulanan juga menjadi kelebihan dari deposito berjangka ini. Biasanya, untuk dana yang disimpan sebagai tabungan di bank akan terpotong setiap bulan untuk biaya administrasi. Tetapi untuk deposit tidak ada potongan biaya administrasi bulanan sama sekali.

(Anfasya Qurratul Aini)


Baca Juga









Berita terkait
Risiko Berinvestasi Deposito yang Perlu Anda Ketahui
Meskipun singkat, dana deposito hanya bisa ditarik pada tanggal jatuh tempo.
Ingin Membuka Deposito? Ini Persyaratannya
Ada banyak cara untuk mengelola keuangan, salah satu caranya adalah dengan membuka tabungan deposito.
Cek Cara Mudah Menghitung Bunga Deposito di Sini
Cara menghitung bunga deposito menjadi salah satu hal terpenting yang harus kamu ketahui sebelum membuka deposito.
0
Pandemi dan Krisis Iklim Tingkatkan Buruh Anak di Dunia
Bencana alam, kelangkaan pangan dan perang memaksa jutaan anak-anak di dunia meninggalkan sekolah untuk bekerja