3 Jenis Latihan Pernapasan Atasi Stres dan Kecemasan

Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan 3 cara untuk meredakan sesak saat merasa cemas.
Ilustrasi latihan pernapasan. (Foto: Freepik)

Jakarta - Mungkin sebagian orang belum tahu bahwa ada beragam cara latihan pernapasan. Latihan pernapasan mempunyai tujuan salah satunya untuk meningkatkan kesehatan paru-paru hingga menghilangkan stres.

Ketika seseorang sedang merasa cemas atau stres, pernapasan cenderung lebih pendek dan bernapas menggunakan dada. Hal ini menjadi kebiasaan hingga dapat kehilangan kemampuan untuk bernapas secara penuh.

Jika Anda merasa sesak karena cemas, ada teknik pernapasan yang bisa Anda coba untuk meredakan gejala serta merasa lebih baik.

Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan 3 cara untuk meredakan sesak saat merasa cemas:

Ilustrasi Meditasi

Ilustrasi Meditasi. (Foto: dainiksaveratimes.com)


1. Memperpanjang Napas

Menarik napas dalam-dalam mungkin tidak selalu membuat tenang. Kemudian, menarik napas dalam-dalam terlalu banyak dengan terlalu cepat justru dapat menyebabkan Anda mengalami hiperventilasi.

Jika Anda dilanda rasa cemas atau stres cobalah teknik berikut ini:

  • Sebelum menarik napas dalam-dalam, cobalah menghembuskan napas secara menyeluruh. Dorong semua udara keluar dari paru-paru Anda, kemudian biarkan paru-paru bekerja menghirup udara.
  • Selanjutnya, cobalah mengeluarkan napas sedikit lebih lama dibandingkan saat menghirup. Misalnya, coba menarik napas selama lima detik, lalu buang napas selama tujuh detik. Kemudian lakukan selama dua hingga lima menit.

Teknik ini bisa dilakukan dalam posisi apapun yang nyaman bagi Anda.

2. Pernapasan Perut

Latihan pernapasan ini melibatkan diafragma di mana sangat baik untuk meningkatkan kapasitas paru-paru. Cara melatihnya dimulai dengan duduk sambil bersandar dan letakkan satu tangan di perut dan di dada.

Lalu, tarik napas melalui hidung, dan perhatikan perut harus lebih membusung daripada dada. Kemudian buang napas melalui mulut dan coba lakukan tiga atau empat kali sehari hingga 10 menit.

3. Lion’s Breath

Untuk melakukan teknik pernapas ini Anda bisa mencobanya dengan cara duduklah bersila dengan nyaman, kemudian letakkan kedua telapak tangan di kedua lutut. Tarik napas melalui hidung.

Pada saat bersamaan buka mulut Anda dengan lebar serta julurkan lidah sepanjang mungkin, lalu hembuskan napas melalui mulut dengan membuat suara "ha". []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
Jenis Makanan dan Minuman Bantu Redakan Stres
Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan sejumlah makanan dan minuman pereda stres dan dapat ditambahkan ke diet anda:
Stop Mengonsumsi Makanan Pedas Jika Alami 9 Tanda Ini
Mengutip informasi dari laman Insider, berikut Tagar rangkumkan 9 tanda Anda perlu berhenti makan makanan yang pedas.
5 Makanan yang Dapat Membantu Memutihkan Gigi
Berikut Tagar rangkumkan 5 makanan yang dapat membantu memutihkan gigi.
0
Tinjau Lapak Hewan Kurban, Pj Gubernur Banten: Hewan Kurban yang Dijual Dipastikan Sehat
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar meninjau secara langsung lapak penjualan hewan kurban milik warga di Kawasan Puspiptek.