UNTUK INDONESIA
3 Jenis dan Fungsi Rem Cakram pada Motor
Terdapat tiga jenis rem cakram atau disc brake dengan peruntukan dan fungsi yang berbeda pada sepeda motor, yakni fix, semi floating, dan floating.
Disc brake Kawasaki W175. (Foto: Tangkapan layar video dari akun YouTube Arie Perkasa)

Jakarta - Penggunaan rem cakram atau disc brake saat ini sudah banyak ditemui pada rerata sepeda motor. Terdapat tiga jenis rem cakram dengan peruntukan dan fungsi yang berbeda, yakni fix, semi floating, dan floating.

Rem cakram jenis fix biasanya diperuntukan bagi sepeda motor yang memiliki kapasitas mesin kecil. Cakram jenis ini pemasangannya menyatu dengan velg.

"Rem cakram fix memiliki harga yang lebih murah dari cakram jenis lain. Oleh sebab itu sering digunakan pada motor yang memiliki cc kecil," kata Suzuki Indonesia dala keterangan tertulis, sebagaimana dikutip dari Antara, Senin, 13 April 2020.

Lebih lanjut, Suzuki Indonesia menjelaskan bahwa cakram jenis fix sejatinya memiliki kegunaan yang sangat baik dalam kondisi tertentu. Hanya saja, jika kondisi cakram terlalu panas akan menyebabkan masalah karena cakram mini tidak dapat memuai atau mengambang.

Rem cakram jenis kedua adalah semi floating, yang biasanya digunakan pada sepeda motor yang memiliki kapasitas mesin 250cc ke atas. Pemasangan cakram jenis ini terpisah antar dudukan dengan velg, sehingga bagian luarnya terlihat mengambang.

Kemudian jenis yang terakhir adalah floating. Rem cakram jenis ini biasanya digunakan dalam ajang balap. Desain floating berfungsi mencegah cakram agar tidak penyok saat terjadi gesekan yang menimbulkan panas, terlebih dalam kondisi motor dalam kecepatan tinggi di sirkuit.[]

Berita terkait
Bawa Mobil, Jangan Rem Mendadak Tanpa Alas Kaki
Menyetir tidak menggunakan alas kaki bisa meningkatkan cedera pada kaki saat terjadi kecelakaan.
Tips Merawat Sepeda Motor Saat Jarang Digunakan
Saat kendaraan jarang digunakan, penting bagi pemilik untuk melakukan perawatan rutin guna menghindari kerusakan komponen sepeda motor.
Tips Menjaga Kebersihan Mobil Saat Jarang Digunakan
Saat jarang digunakan mobil harus dipastikan kebersihannya agar tidak ada hewan yang bersarang di kap mesin.
0
KPK Tahan Dua Tersangka Kasus Suap Lapas Sukamiskin
KPK menahan dua tersangka kasus dugaan suap pemberian fasilitas izin keluar Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin.