3 Ide Bisnis Digital yang Menguntungkan

Bisnis digital semakin menjadi tren, terutama di kalangan milenial. Kamu juga harus mencobanya!
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Bisnis digital adalah suatu jenis bisnis jasa yang memanfaatkan kecanggihan teknologi ketika menciptakan sebuah produk ataupun memasarkannya. Berbeda dengan yang kita pahami sebelumnya, bisnis digital tidak semata terkait dengan penjualan produk tanpa wujud saja, seperti perangkat lunak komputer (software). Bisnis digital juga tidak hanya tentang produk fisik yang dikemas dalam bentuk digital seperti ebook (buku elektronik). Berikut beberapa ide untuk berbisnis digital.


1. Membuka bisnis afiliasi

Afiliasi adalah kegiatan memasarkan barang milik orang lain dengan imbalan berupa komisi. Secara singkat, cara kerja afiliasi terbagi menjadi tiga bagian. Pertama, Anda mendaftar pada sebuah program afiliasi dan kemudian mendapatkan kode referal atau tautan khusus. Kedua, Anda memasarkan produk tersebut menggunakan website atau media sosial Anda. Ketiga, pada saat ada pembeli yang menggunakan kode yang Anda berikan atau mengikuti tautan yang Anda sarankan, Anda akan mendapatkan bagi hasil pendapatan.


2. Jasa membuat website

Kalau kamu seorang web developer, ini bisa jadi ide bisnis yang tepat. Saat ini, website banyak dibutuhkan, baik untuk kalangan bisnis, perusahaan, bahkan personal.

Untuk itu, menawarkan jasa pembuatan website adalah salah satu ide bisnis yang potensial. Selain potensial, bisnis ini memungkinkanmu untuk bisa bekerja dengan lebih fleksibel, dari mana, dan kapan saja. Meski kini banyak fitur yang memudahkan orang awam untuk membuat website sederhana, diperlukan keahlian khusus seorang web developer untuk membuat website dengan kustomisasi yang lebih rumit.


3. Private tutor online

Kalau Anda mempunyai pengetahuan di bidang tertentu, menjadi private tutor online merupakan opsi yang bagus. Saat ini banyak aplikasi yang dapat memudahkan untuk melakukan pembelajaran secara online. Hal ini merupakan cara dalam menambah penghasilan dengan modal yang relatif kecil. Hanya dengan memanfaatkan koneksi internet dan perangkat yang memadai supaya bisa melakukannya. Pekerjaan ini juga terbilang cocok untuk dikerjakan bagi para mahasiswa tingkat akhir yang sedang menunggu kelulusan.


4. Jasa desain grafis

Bagi kamu yang punya keahlian desain grafis, menawarkan jasa mendesain adalah pilihan tepat. Kamu tidak hanya mendapat penghasilan, tapi juga sekaligus meningkatkan skill dan menambah koneksi. Tawarkan jasa desainmu lewat situs-situs freelancer, seperti Fiverr, Upwork, Freelancer, dan sebagainya. Sebelumnya, pastikan kamu sudah menyusun portofolio terbaik agar calon klien dapat melihat hasil karya yang telah kamu buat. Kamu bisa melihat contoh-contoh web portofolio terbaik yang bisa menginspirasi kamu dalam membuatnya.


5. Mengajar online

Kemajuan teknologi informasi telah menjangkau dunia pendidikan. Sebelumnya, Anda harus pergi ke tempat kursus untuk mendapatkan ilmu baru. Di era digital ini, kursus online telah menjadi fenomena. Di sisi bisnis, ini adalah peluang bagus. Bagi Anda yang memiliki keahlian mengajar, bisnis digital ini layak Anda coba. Akan tetapi, Anda bisa membangun kursus online Anda sendiri. Caranya, Anda bisa membangun sebuah website yang didukung dengan sistem pembelajaran terintegrasi atau yang lebih dikenal dengan Learning Management System (LMS). []

(Anfasya Qurratul Aini)


Baca Juga

 4 Cara Efektif untuk Memulai Bisnis Online 

 Kelebihan dan Kekurangan Skema Dropship dalam Bisnis Online 

 Kamu Perlu Lakukan 5 Tips Ini Sebelum Memulai Bisnis Online 

Ini Tips Cara Mudah Bisnis Online

Berita terkait
4 Tips Mengembangkan Bisnis Menggunakan Media Sosial
Hampir semua kalangan usia saat ini memiliki pasarnya tersendiri di media sosial, tentukan target Anda dan rencanakan strategi pemasarannya.
Mau Mulai Bisnis? Pahami Dulu Analisa SWOT dan Penerapannya
Analisis SWOT bertujuan membantu institusi untuk menyadari dan mengembangkan strategi serta pengambilan keputusan dalam bisnis. Ini Ulsannya.
Inilah 3 Hal yang Anda Rasakan Saat Memulai Bisnis
Memulai bisnis adalah saat-saat yang menebarkan, pasalnya untuk memulai bisnis pasti kita akan merasakan hal yang tidak biasa.