3 Hal yang Perlu Dihindari dalam Berbisnis

Menjalankan bisnis perlu mengunakan strategi yang benar dengan tujuan mencapai hasil yang maksimal
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Berbisnis tentunya merupakan hal yang sudah banyak dilakukan oleh sebagian besar dari kita. Menjalankan bisnis juga perlu mengunakan strategi yang benar dengan tujuan mencapai hasil yang maksimal, dengan begitu maka ada beberapa hal yang perlu di hindari dalam berbisnis seperti dibawah ini.


1. Merekrut orang terdekat

Umumnya orang-orang akan menganjurkan seorang calon pebisnis untuk merekrut teman orang yang telah dikenalnya, seperti teman, saudara, mantan karyawan di tempat anda bekerja, dan sebagainya. Saran ini memang tidak seutuhnya salah, namun keputusan yang harus anda ambil ialah dengan memperkerjakan seseorang pada posisi tertentu berdasarkan kemampuan dan kecakapan yang ia miliki. Lebih baik anda menggaji orang-orang yang memiliki keahlian dan keterampilan yang sesuai dengan posisi di dalam bisnis anda, dibanding harus memaksakan orang-orang yang dikenal yang justru tidak memiliki keahlian dan keterampilan seperti yang anda inginkan, karena hanya akan membuat anda kewalahan jika ujung-ujungnya anda harus menanganinya sendiri.


2. Mudah putus asa

Menjadi pebisnis yang sukses memang menjadi impian setiap orang, namun untuk memulai berbisnistidak semudah membalikkan telapak tangan, kegagalan demi kegagalan pasti akan menghampiri kamu. Karena itu, banyak pemula dalam bisnis yang jatuh bangun. Terkadang sudah jatuh, mereka juga mudah menyerah karena modal habis, dan keuntungan belum tercapai. Tapi, di situlah letak ujian dalam bisnismu. Kamu diharuskan untuk jangan menyerah, karena itu permulaan yang wajar. Sebaliknya, kamu harus terus datang dengan inovasi baru untuk bisnismu.


3. Hanya ikut-ikutan tren

Tren memang menarik perhatian pasar, namun keberadaan sebuah tren biasanya hanya bertahan sesaat karena perubahannya yang sangat dinamis. Membangun bisnis yang hanya sekadar berlandaskan mengikuti tren terkini umumnya sulit berkembang bahkan dapat gulung tikar saat tren tersebut sudah meredup. Founder dan Owner Panama Sandals, Anton Hermawan Sugondo, mengatakan bisnis kentang goreng Belgia yang didirikannya sebelum membangun Panama Sandals menjadi sebuah contoh nyata bahwa bisnis yang berdasarkan tren semata, sulit untuk berkembang

(Anfasya Qurratul Aini)


Baca Juga:

Berita terkait
5 Mitos Tentang Memulai Bisnis yang Paling Sering Didengar
Pekerjaan sebagai seorang pengusaha sedang ramai dibicarakan akhir-akhir ini terlebih lagi dikalangan kaum milenial.
Simak! 4 Tips Sebelum Memulai Investasi Ala Lolita Setyawati
Lolita Setyawati sering sekali membagikan tips-tips edukasi mengenai investasi, asuransi, dan mengenai keuangan lainnya lewat Instagram.
5 Tips Keuangan yang Bisa Diikuti untuk Memulai Bisnis
Bisnis pun menjadi salah satu hal yang dapat dipikirkan di tahun ini. Berikut langkah-langkah membangun bisnis.
0
3 Hal yang Perlu Dihindari dalam Berbisnis
Menjalankan bisnis perlu mengunakan strategi yang benar dengan tujuan mencapai hasil yang maksimal