UNTUK INDONESIA

3 Faktor Kenapa Harus Menghargai Privasi dalam Hubungan

Hubungan asmara bukan hanya tentang kasih sayang dan perhatian, tetapi juga saling menghargai privasi masing-masing.
Ilustrasi pasangan. (Foto: Shutterstock)

Jakarta - Hubungan asmara bukan hanya tentang kasih sayang dan perhatian, tetapi juga saling menghargai privasi masing-masing agar jalannya kisah cinta menjadi harmonis.

Menjaga privasi atau ruang pribadi memungkinkan pasangan menjadi lebih rileks, sementara hubungan menjadi lebih langgeng. Misalnya saja memberikan kesempatan pasangan untuk membaca buku dalam momen liburannya.

Meski dalam melakukannya, tiap pasangan memiliki perbedaan, tetapi menjaga privasi penting dilakukan. Nah, kenapa perlu? berikut Tagar jelaskan. Simak ya!

1. Tak wajar pada hal kecil

Ketika Anda tidak memiliki ruang pribadi atau privasi, rasa jengkel dan frustrasi biasanya akan mengikuti Anda. Musababnya, Anda tidak mendapatkan cukup waktu untuk mengurangi tingkat stres, dan menenangkan pikiran.

Akibatnya, Anda mungkin akan bersikap tidak wajar pada hal kecil. Misalnya berargumen dengan nada keras atau berteriak ke orang yang melakukan kesalahan kecil.

Pada hubungan dengan pasangan, Anda mungkin akan menjadi pemicu perdebatan membahas masalah remeh temeh.

Ketika membahas suatu masalah yang penting, alih-alih menyelesaikan masalah dengan tenang, Anda mungkin akan lebih sering tidak terima dan emosional.

Pasangan - PacaranIlustrasi pasangan. (Foto: Ist)

2. Tertekan sepanjang waktu

Karena tak adanya privasi dalam hubungan, masing-masing pasangan bisa merasakan stres sepanjang waktu. Ini karena tubuh dan pikiran menuntut 'me time', atau ruang pribadi agar merasa rileks.

Pasangan bisa melakukan hal-hal yang membuat dirinya bahagia, seperti mendapatkan waktu untuk merakit lego sebagai hobinya, atau berkebun merawat tanamannya di rumah.

IlustrasiIlustrasi stres. (Foto: roberthalf.com)

3. Tak nyaman satu sama lain

Begitu pasangan mendekati atau mencoba membahas berbagai hal, Anda mungkin merasa kehadirannya membuat tidak nyaman, dan mengganggu. Anda mungkin mengabaikannya, dan menahan agar permasalahan ini dikatahui pasangan tanpa adanya komunikasi

Tidak hanya itu, Anda mungkin mencoba menjaga jarak karena tidak ingin pasangan mengganggu ruang privasi. Kondisi ini cenderung membuat sesama pasangan saling berjauhan. 

Dalam hubungan, keadaan seperti ini membuat hubungan asmara menjadi meradang. Seiring waktu akan semakin parah. Maka diperlukan komunikasi untuk menyelesaikan masalah dengan tenang, dan tak ada yang merasa dirugikan. 

Pacaran - PasanganIlustrasi pasangan. (Foto: Shutterstock)

Berita terkait
PAP dan 2 Kegiatan Jelang Tidur, Bangun Makin Disayang Pacar
Kegiatan bersama pacar seperti PAP menjelang tidur membuat hubungan menjadi makin hangat.
Bikin Sehat dan Wajah Tirus, Ini 3 Manfaat Berciuman
Selain menjadi cara terbaik untuk mengomunikasikan kepedulian dan perhatian, berciuman memiliki manfaat kesehatan.
Tiga Alasan Jangan Dekati Mantan Pacar, Kecuali Gak Laku
Ada sejumlah alasan yang mendasari kenapa menjalin hubungan dengan mantan pacar bisa berakibat buruk. Atau dianggap gak laku.
0
Ungkap Pembunuhan, Polisi di Medan Diganjar Penghargaan
28 orang personel Polsek Sunggal mendapat penghargaan dari Kapolrestabes Medan karena mengungkap kasus pembunuhan.