3 Fakta Vaksin Pfizer dan Novavax yang Akan Segera Tiba

Indonesia akan kedatangan vaksin baru pada Juli 2021, yaitu Pfizer dan Novavax yang akan digunakan masayarakat. Berikut fakta vaksin tersebut.
Ilustrasi - Vaksin Pfizer dan Novavax. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Setelah Sinovac dan AstraZaneca, Indonesia akan kedatangan vaksin baru, yaitu Pfizer dan Novavax. Kedua vaksin ini diperkiran akan tiba pada bulan Juni-Juli 2021. Hal tersebut diungkapkan oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Kementrian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi.

Kemenkes mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu pilih-pilih jenis vaksin. Meski berbeda produsen dan basis, semua vaksin yang beredar sudah lulus uji klinis dan terbukti aman. Meski begitu ada beberapa fakta terkait vaksin tersebut.


1. Cara kerja Pfizer dan Novavax

Vaksin Pfizer atau BNT162b2 menggunakan teknologi messenger-RNA (mRNA). Gen sintetis yang ada di dalam Pfizer dapat mengubah sel-sel tubuh menjadi tempat membuat vaksin untuk sementara. 

Dalam hal ini, m RNA akan mendorong tubuh untuk membuat spike protein yang digunakan Sars-CoV-2 untuk memasuki sel. Hal tersebut akan merangsang tubuh membuat antibodi untuk menghalau virus.

Sedangkan untuk vaksin Novavax, NVX-CoV2373 merupakan rekayasa protein dari urutan genetik SARS-CoV-2. Vaksin Novavax bekerja dengan cara memodfikasi gen dalam protein spike. 

Mereka akan memasukan gen tersebut ke dalam virus yang berbeda, yang disebut sebagai baculovirus, dan membiarkan menginfeksi. Sel yang telah terinfeksi akan menghasilan lonjakan protein secara spontan. Sehingga, virus tidak dapat memasuki sel dan infeksinya akan diblokir.


2. Efikasi Pfizer dan Novavax

Vaksin Pfizer dan Novavax sudah lulus uji klinis tahap tiga dan WHO. Kedua vaksin ini juga sudah mendapatkan izin sebagai daftar jenis vaksin yang aman dan layak pakai.

Dalam uji coba tahap akhir, Pfizer 95 % mampu mencegah Covid-19 dan efektif 100 % mencegah kematian karena Covid-19. Semantara, vaksin Vovavax terbukti efektif 89% mencegah Covid-19. Sama seperti jenis vaksin lainnya, Pfizer maupun Novavax akan diberikan dalam dua dosis.


3. Efek samping Pfizer dan Novavax

Menurut laporan hasil akhir uji klinis vaksin Covid-19, Pfizer tidak menimbulkan efek samping yang parah. Hanya saja ada gejala seperti sakit kepala, kelelahan, demam, atau nyeri otot dalam durasi yang sebentar. 

Sementara vaksin Novavax, disebutkan akan mengalami efek samping dari sedang hingga berat. Meliputi bengkak, nyeri, demam, mual, kemerahan, hingga kelelahan. 

Nah itulah tiga fakta tentang vaksin Pfizer dan Novavax yang akan segera tiba di Tanah Air. []

Berita terkait
Strategi Kemenkes Percepat Program Vaksinasi Covid-19
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memiliki strategi untuk mempercepat program vaksinasi di seluruh Indonesia untuk menekan laju penyebaran Covid-19.
Menparekraf: Vaksinasi Covid-19 Jadi Syarat Wajib Wisatawan
Menparekraf Sandiaga Uno berharap agar vaksinasi Covid-19 dapat menjadi prasyarat wajib bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata.
Presiden Duterte Ancam Tangkap yang Menolak Vaksinasi Covid-19
Perkembangan vaksinasi Covid-19 di beberapa negara, AS utamakan lansia, Kuba pakai vaksin sendiri dan Filipina tangkap warga yang tolak vaksinasi
0
3 Fakta Vaksin Pfizer dan Novavax yang Akan Segera Tiba
Indonesia akan kedatangan vaksin baru pada Juli 2021, yaitu Pfizer dan Novavax yang akan digunakan masayarakat. Berikut fakta vaksin tersebut.