UNTUK INDONESIA
3 Fakta Oplet Si Doel Anak Sekolahan Rano Karno
Oplet itu dibeli Si Doel seharga Rp 525 ribu saja. Harga segitu tentu sesuai dengan kondisi yang ada, belum sebagus seperti sekarang ini.
Oplet Si Doel. (Foto: Instagram/si.rano)

Jakarta - Penonton sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang tayang di stasiun televisi RCTI pada era 90-an pasti tahu betul tentang sosok oplet Si Doel. Oplet Si Doel itu digunakan untuk mencari rezeki keliling kampung mencari penumpang. Biasanya Doel jadi sopirnya, dan Mandra jadi kernetnya, atau sebaliknya.

Keluarga Si Doel terdiri dari Babe (Benyamin Sueb), Nyak (Aminah Cendrakasih), Rano Karno (Doel), Suti Karno (Atun), dan Mandra (Mandra).

Dulu, oplet Si Doel belum sebagus ketika digunakan untuk syuting sinetron, tapi kini oplet tersebut sudah kinclong, dan menjadi kendaraan sehari-hari Rano Karno di kala senggang.

Oplet Si Doel tersebut bernama Morris Minor Traveler 100 buatan tahun 1957. Tidak hanya antik, kendaraan itu juga menyimpan segudang sejarah dan fakta mengejutkan.

Berikut tiga fakta oplet Si Doel yang Tagar kutip dari kanal YouTube Gofar Hilman, Rabu, 22 April 2020.

Oplet Si DoelOplet Si Doel. (Foto: Instagram/si.rano)

1. Kendaraan impian Si Doel sejak kecil

Oplet berwarna biru itu merupakan kendaraan impian 'Si Doel' Rano Karno sejak kecil. Setelah berhasil punya oplet, sang empunya kemudian memilih jalur modifikasi, khususnya pada bagian mesin.

Rano Karno mengganti mesin Morris Minor Traveler 100 dengan mesin Mini Cooper 1.600 cc yang dibeli pada tahun 2013. Sedangkan untuk bagian luarnya tidak mengalami banyak perubahan.

2. Belinya cuma Rp 500 ribu

Oplet itu dibeli Si Doel seharga Rp 525 ribu saja. Harga segitu tentu sesuai dengan kondisi yang ada, belum sebagus seperti sekarang ini.

"Ini oplet harganya murah. Belinya cuma Rp 525.000. Cuma dulu namanya bangkai, dulu sengaja enggak dibangun karena sengaja biar gompal segala macam. Supaya memang begitu keadaannya," ujar Rano Karno.

3. Oplet ditawar Rp 1 miliar

Setelah oplet Si Doel terjadi perubahan di sana-sini, wujudnya telah menjadi cantik dan kinclong, ada seorang kolektor otomotif sampai menawar dengan Rp 1 miliar. Akan tetapi, Si Doel menolak tawaran itu.

"Ya jujur, gue sebut ini orang mabuk kali nawar sampai Rp 1 M. Gue bilang enggak deh karena gue masih pakai," ujar Rano Karno.[]

Oplet Si DoelOplet Si Doel. (Foto: Instagram/si.rano)

Berita terkait
Mobil Sport Terlaris di Dunia: Ford Mustang
Ford Mustang adalah mobil sport terlaris di Amerika Serikat dalam 50 tahun terakhir, juga terlaris di dunia pada 2019.
BMW Indonesia Jualan Mobil di Tokopedia
BMW Indonesia meluncurkan Official Store di Tokopedia guna memberikan layanan pembelian mobil bagi pelanggan saat pemberlakuan PSBB.
Lima Koleksi Mobil Mewah Legenda Basket Kobe Bryant
Legenda bola basket NBA Kobe Bryant meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter di California, Minggu, 26 Januari 2020.
0
Polisi Magelang Ringkus Penyebar Hoaks Pencurian
Informasi yang diunggah di Facebook hoaks, pria di Magelang berurusan dengan polisi.