3 Cara Ampuh untuk Mengurangi Makan Tengah Malam

Secara tidak sadar, kita akan tertarik pada makanan berkalori tinggi di malam hari, seperti kue atau keripik.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Kebiasaan makan ditengah malam ini sebenarnya mempunyai risiko buruk untuk kesehatan tubuh. Salah satu alasannya mungkin karena orang secara tidak sadar tertarik pada makanan berkalori tinggi di malam hari, seperti kue atau keripik.

Risiko kesehatan tubuh ini seperti insomnia, terkena gangguan pencernaan, meningkatkan berat badan, dan kelelahan fisik dan mental. Jika Anda memiliki kebiasaan tersebut, ada baiknya untuk mengurangi kebiasaan itu. Dilansir dari Consumer Reports, berikut adalah 5 cara agar Anda mengurangi makan tengah malam.


1. Prioritaskan makan di siang hari

Menurut peneliti, orang yang mulai makan sebelum jam 8:30 pagi memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dan resistensi insulin yang lebih rendah, yang dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Makan di pagi hari dan memastikan Anda mendapatkan sebagian besar kalori di siang hari berarti Anda tidak akan terlalu lapar di malam hari dan akan membantu Anda mencegah ngemil di malam hari.


2. Jadwalkan makanan dan cemilan

Atur jadwal makan Anda, di mana saat mengonsumsi makanan kecil atau camilan setiap 2 hingga 3 jam di siang hari. Ketika Anda sering makan, ini membantu menjaga gula darah Anda stabil dan mencegah rasa lapar.


3. Tidur satu jam lebih awal

Penelitian menunjukkan hubungan antara kurang tidur dan penambahan berat badan. Ketika Anda kurang tidur, tubuh Anda memompa keluar tingkat yang lebih tinggi dari hormon perangsang nafsu makan dan tingkat yang lebih rendah dari hormon leptin yang memicu rasa kenyang, yang akan mendorong makan berlebihan.

Makan malam telah dikaitkan dengan asupan kalori berlebih, obesitas, dan kesehatan yang buruk. Jika makan di malam hari menjadi masalah bagi Anda, pertimbangkan untuk mencoba langkah-langkah di atas. Mereka dapat membantu Anda mengurangi makan malam dengan lebih baik.

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga :








Berita terkait
Cara Ampuh Mencegah Asam Lambung Naik
Asam lambung merupakan salah satu zat yang membantu dalam proses pencernaan namun tetap perlu dijaga. Berikut cara ampuh mencegahnya.
6 Kebiasaan yang Dapat Memperlambat Metabolisme Tubuh
Dilansir dari Times of India, berikut adalah 6 kebiasaan buruk yang dapat memperlambat metabolisme tubuh.
9 Kebiasaan Baik yang Ternyata Berbahaya
Kebiasaan baik baru bermunculan setiap hari. tapi kalau terlalu sering dilakukan bisa membahayakan diri sendiri.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.