2834 Berkas Pendaftaran CPNS di Pemprov Jatim TMS

BKD Jatim mencatat 57.314 pelamar, terdapat 54.480 pendaftar dinyatakan memenuhi syarat.
Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 resmi dibuka pada Senin 11 November 2019. (Foto: Setkab.go.id)

Surabaya - Badan Kepegawaian Daerah Jawa Timur (BKD Jatim) resmi mengumumkan hasil verifikasi berkas Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang mendaftar di Pemprov Jatim. Dalam verifikasi tersebut tercatat ada 2.834 diantaranya dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Kepala BKD Jatim, Anom Surahno mengatakan, dalam pendaftaran CPNS beberapa hari sebelumnya ada 57.314 pelamar. Namun dalam verifikasi berkas terdapat.

Para pelamar yang TMS tidak perlu berkecil hati, karena kami juga memberi kesempatan untuk melakukan sanggahan.

54.480 pendaftar dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) dan dapat melanjutkan tahapan berikutnya yakni uji kompetensi.

“Para pelamar yang TMS tidak perlu berkecil hati, karena kami juga memberi kesempatan untuk melakukan sanggahan dari hasil verifikasi tersebut,” ujar Anom, dikonfirmasi, Senin 16 Desember 2019.

Para pelamar yang telah mendaftar dapat melihat hasil verifikasi secara langsung dengan mengakses www.sscn.bkn.go.id atau www.bkd.jatimprov.go.id. 

Dalam keputusan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) pelamar yang TMS bisa mengajukan sanggahan terhadap pengumuman hasil seleksi administrasi selama tiga hari mulai tanggal 17 hingga 19 Desember. Namun sanggahan tidak dapat memperbaiki berkas yang telah didaftarkan.

"Sanggahan diajukan jika hasil seleksi administrasi tidak sesuai dengan berkas yang sudah diunggah oleh pelamar," katanya.

Sanggahan dapat dilakukan tanpa harus mendatangi kantor BKD Jatim karena layanan pendaftaran CPNS secara keseluruhan menggunakan sistem online. Nantinya pelamar akan mendapatkan form sanggahan dan melampirkan kembali kekurangan dari syarat pendaftaran yang kurang secara online.

Pengumuman hasil jawaban terhadap sanggahan pada 20 - 26 Desember. Setelah itu 27 Desember baru diumumkan siapa saja pelamar yang lolos mengikuti tahapan seleksi menghadapi tes Computer Assisted Test (CAT) yang akan dilaksanakan pada 8 Februari 2020 mendatang.

Para pelamar yang sudah lolos verifikasi, bisa latihan tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB) melalui CAT yang banyak dijumpai bimbingannya. Selain itu latihan-latihan CAT secara online ini hampir sama dengan aslinya yakni bisa langsung diketahui hasilnya.

"Jadi kami berharap agar peserta tidak percaya dengan oknum yang menjamin bisa masuk menjadi PNS. Semua prosesnya dilakukan secara online dan transparan. Dan tidak ada titipan maupun rekayasa,” ucapnya.

Formasi yang paling banyak MS adalah bidang ahli pertama guru bahasa Inggris. Dimana ada sebanya 5.248 pelamar yang dinyatan lulus seleksi administrasi. Sedangkan formasi yang disediakan tahun ini hanya 85 formasi saja.

"Formasi guru bahasa Inggris yang paling banyak. Kemudian guru matematika, kemudian di posisi ketiga yaitu guru ekonomi," kata Anom.

Untuk guru matematika ada sebanyak 3.320 pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat seleksi administrasi. Padahal formasi yang disediakan hanya 46 saja. Sedangkan untuk guru ekonomi ada sebanyak 3.189 pelamar untuk 41 formasi.

Selain itu juga ada untuk formasi instruktur yakni 2.911 pelamar, sementara yang dibutuhkan 11 formasi. Pelamar guru agama Islam ada sebanyak 2.353 pelamar untuk 206 formasi.

Pendaftaran CPNS tahun ini paling sedikit peminatnya adalah formasi fokter spesialis, yakni hanya ada satu pelamar saja dan dinyatakan memenuhi syarat. Selain itu untuk formasi dokter kulit dan kelamin dari 1 formasi yang dibuka hanya ada satu pelamar.

Tak hanya itu saja, untuk formasi dokter spesialis bedah syaraf, dokter spesialis patologi anatomi dan dokter spesialis urologi juga minim pendaftar. Masing-masing formasi tersebut hanya dua pendaftar. Padahal formasi yang dibutuhkan hanya ada dua.

"Meskipun di formasi ini rendah bukan berarti yang melamar akan tetap diterima. Mereka tetap harus memenuhi passing grade, kalau tidak lolos passing grade ya nggak lulus meski tidak ada saingan," ucapnya. []

Berita terkait
4 Tahanan Kabur di Malang Terancam Pasal Berlapis
Polresta Malang Kota berhasil menangkap empat tahanan yang kabur pada 9 Desember 2019 lalu. Terakhir, Tersangka Bayu Prasetyo diamankan di Jateng.
Didemo, Kinerja Polres Sampang Disorot Masyarakat
Masyarakat menilai jika Polres Sampang terkesan tebang pilih saat mengamankan pemilik sajam dan senpi.
Koleksi Tangkapan Mobil Mewah Polda Jatim Bertambah
Polda Jatim memprediksi jumlah mobil mewah bodong di wilayah Jatim akan bertambah.
0
Hasil Pertemuan AHY dan Surya Paloh di Nasdem Tower
AHY atau Agus Harimurti Yudhoyono mengaku sudah tiga kali ke Nasdem Tower kantor Surya Paloh. Kesepakatan apa dicapai di pertemuan ketiga mereka.