UNTUK INDONESIA
28 Kabupaten di Papua Terapkan New Normal
Pemerintah Provinsi Papua memperbolehkan 28 kabupaten di wilayahnya menerapkan adaptasi kebiasaan baru, Ini alasannya.
Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal. (Foto: Tagar/Paul Manahara Tambunan)

Jayapura - Pemerintah Provinsi Papua memperbolehkan 28 kabupaten di wilayahnya menerapkan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19, mulai Sabtu 1 Agustus 2020.

Status penanganan Covid-19 di Papua bukan lagi Relaksasi Kontekstual. Hanya, khusus untuk Kota Jayapura sebagai pusat ibu kota provinsi mendapat perkecualian.

Kami berencana akan bekerja sama dengan para pemuda untuk bersama-sama memberikan pemahaman kepada masyarakat.

"Sebab, tingkat penyebaran virus Corona di wilayah ini masih tinggi, dibandingkan 28 kabupaten lainnya," kata Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal usai memimpin rapat evaluasi penanganan Covid-19 di Kota Jayapura, Kamis 30 Juli 2020.

Adaptasi kebiasaan baru pada 28 kabupaten itu, papar Klemen, meliputi sarana pendidikan, aktivitas di rumah ibadah, dan perekonomian. Semuanya sudah bisa berjalan seperti semula. Hanya saja dia menekankan protokol kesehatan harus tetap diterapkan.

"Ini penting, agar tidak ada lagi penyebaran transmisi lokal. Tetapi jangan karena situasi di Kota Jayapura begini, membuat kabupaten lain membatasi akses transportasi," ujar Klemen.

Wakil Gubernur dua periode ini mengajak warga Kota Jayapura untuk lebih disiplin mematuhi protokol kesehatan. Sehingga angka kasus Covid-19 semakin menurun.

"Kami berencana akan bekerja sama dengan para pemuda untuk bersama-sama memberikan pemahaman kepada masyarakat di Kota Jayapura tentang bagaimana penerapan protokol kesehatan, khususnya di lima distrik yang angka terpaparnya cukup tinggi," katanya.

Satgas Pencegahan Covid-19 Provinsi Papua mencatat, total pasien positif Covid-19 hingga Kamis malam, 30 Juli 2020, mencapai 2.976 pasien.

Rinciannya, sebanyak 1.546 pasien menjalani perawatan, dan 1.397 pasien dinyatakan sembuh.

"Sementara 33 pasien telah meninggal dunia," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule dalam siaran persnya, Kamis, 30 Juli 2020 malam. []

Berita terkait
Polda Papua Tetapkan Tiga Tersangka Bansos Keerom
Polda Papua menetapkan tiga tersangka kasus penggelapan beras Bantuan Sosial (Bansos) untuk warga Keerom.
Venue Aquatic PON XX Papua Penuhi Standar Olimpiade
Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan arena olahraga pelaksanaan PON XX di Provinsi Papua.
Longsor di Papua Merenggut Empat Korban Jiwa
Empat warga dilaporkan menjadi korban akibat tanah longsor di Kampung Dupia Enarotali, Distrik Paniai Timur, Papua. Ini kronologinya.
0
Dua Lakalantas Terjadi dalam Sehari di Bulukumba
Kecelakaan kembali terjadi di Bulukumba, kali ini melibatkan roda empat dan roda dua menyebabkan pengemudi roda dua luka berat.