2500 Santri Ponpes Lirboyo Kediri Jalani Isolasi

Ponpes Lirboyo Kediri memberlakukan isolasi bagi santri selama 14 hari sebagai observasi kesehatan sebelum menjalani kegiatan belajar mengajar.
Santri Ponpes Lirboyo Kediri menjalani pendataan sebelum kembali menjalani kegiatan belajar mengajar, Sabtu, 20 Juni 2020. (Foto: Tagar/Fendhi Lesmana)

Kediri - Pondok Pesantren Lirboyo Kediri menyambut 2500 santri yang akan menjalani kegiatan belajar mengajar (KBM), Sabtu, 20 Juni 2020. Dalam penyambutan santri tersebut pengurus Ponpes mengedapankan protokol kesehatan yang dipantau langsung Polisi dan TNI.

Teknis protokol kesehatan mulai dilakukan sejak pintu gerbang Aula Muktamar Ponpes Lirboyo. Sebelum masuk ke dalam, kendaraan keluarga atau pengantar para santri terlebih dulu disemprot cairan disinfektan. Selain itu, para santri juga harus mengisi kuisioner terkait kegiatan selama di rumah.

Sebelumnya dua minggu lalu, santri kita intruksikan dan sarankan untuk menjalankan isolasi mandiri di rumahnya masing masing.

Ketua Pesantren Tangguh KH Oing Abdul Mu’id Shohib mengatakan para santri yang datang saat ini dikhususkan untuk wilayah Kediri, Trenggalek, Blitar, Jombang dan Nganjuk.

Santri yang datang sementara ini diperkirakan berjumlah 2500 orang, dari total 28 ribu santri. Gus Muid sapaan akrabnya mengaku sebelum pihak Ponpes sudah menyarankan kepada keluarga santri untuk melakukan karantina mandiri di rumahnya masing-masing.

"Sebelumnya dua minggu lalu, santri kita intruksikan dan sarankan untuk menjalankan isolasi mandiri di rumahnya masing masing. Kemudian mereka hari ini kembali berangkat ke pondok dikoordinir oleh para alumni," ujar anggota DPRD Kediri ini.

Setelah pendataan selesai, mereka kemudian ditempatkan pada ruang isolasi atau rusun guna menjalani observasi selama 14 hari di sana. Jika selama 14 hari dinyatakan tidak memiliki gangguan kesehatan, mereka kemudian diizinkan untuk kembali ke asrama pondok.

"Selama 14 hari ini kita observasi kesehatannya, kalau tidak ada masalah kesehatannya. Kita masukan ke asrama Pondok Pesantren. Seluruh kegiatan ini kita dibantu sepenuhnya kepolisian juga dari TNI," tutur dia .

Sementara itu Kepala Kepolisian Resor Kediri Kota Ajun Komisaris Besar Miko Indrayana ketika dikonfirmasi menjelaskan, jika pihaknya bersama Kodim 0809/Kediri datang ke Ponpes Lirboyo untuk melakukan pengamanan, terkait kedatangan para santri. 

Selain pengamanan, pihaknya juga membantu melakukan observasi dengan melibatkan Purkes Polres Kediri Kota. []

Berita terkait
8 Maklumat Ponpes Lirboyo Kediri Sambut Santri
Delapan maklumat yang dibuat pengurus Ponpes Lirboyo Kediri untuk mencegah penyebaran Covid-19 dikalangan santri saat penerimaan santri baru.
Santri Lirboyo Kediri Asal Cianjur Pulang Kampung
Petugas keamanan dan kesehatan Cianjur menjemput para santri asal Cianjur yang belajar di pesantren di Lirboyo Kediri, Jatim, yang pulang kampung
Physical Distancing, KPU Kediri Tambah 701 TPS
Penambahan TPS oleh KPU Kediri dikarenakan untuk menyesuaikan dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang disusun oleh pemerintah
0
Tinjau Lapak Hewan Kurban, Pj Gubernur Banten: Hewan Kurban yang Dijual Dipastikan Sehat
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar meninjau secara langsung lapak penjualan hewan kurban milik warga di Kawasan Puspiptek.