2.125 Donat Jadi Pohon Natal yang Unik di Hotel Dafam Semarang

Butuh waktu sepekan, mulai dari membuat donat hingga mendekor bentuk pohon natal.
Sejumlah tamu Hotel Dafam Semarang, Jateng memanfaatkan pohon natal donat untuk berswa foto. (Foto: Tagar/Agus Joko Mulyono)

Semarang, (Tagar 13/12/2018) - Sebuah pohon natal unik menjulang tinggi di lobi Hotel Dafam Semarang, Jawa Tengah. Sejumlah tamu hotel berhenti, mengamati dengan seksama pohon khas Natal tersebut.

"Sekilas memang tidak jauh beda dengan pohon natal pada umumnya. Ternyata ini beda, unik, karena dibuat atau disusun dari ribuan donat," ujar tamu hotel Inez, warga Lampung yang hendak check in di Dafam, Kamis (13/12).

Pohon natal ala hotel yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol, Semarang ini bukan pohon natal biasa. Pohon natal tersusun dari 2.125 donat. 

"Ide hingga pembuatannya murni dari dan dilakukan oleh karyawan Hotel Dafam Semarang," ungkap General Manager (GM) Hotel Dafam Semarang, Thomas Sugianto.

Thomas menyatakan, awalnya tidak kepikiran untuk membuat pohon natal dari donat. Bermula dari keinginan memanfaatkan bahan-bahan makanan hotel yang stoknya masih melimpah di masa akhir tahun. Sekaligus mengisi kegiatan di rangkaian perayaan ulang tahun ke-8 Dafam. 

"Sejumlah ide datang dari rekan-rekan, mulai dari membuat roti sampai donat. Akhirnya disepakati donat yang disusun membentuk pohon natal. Pertimbangannya, donat adalah salah satu jenis makanan yang disukai banyak kalangan," beber dia.

Chief Dafam Tan Wien menambahkan butuh waktu sepekan, mulai dari membuat donat hingga mendekor bentuk pohon natal.

"Dibuat mulai tanggal 1 Desember. Sehari dapat bikin 7 loyang, dimana 1 loyang isi 60 pices donat. Setelah semua donat jadi pada tanggal 6  Desember, donat dipasang di kerangka pohon natal, tanggal 7 Desember selesai," terang dia.

Konstruksi pohon natal dibuat setinggi 3 meter dengan diameter lingkar bawah sepanjang 3,5 meter. Dibutuhkan tepung sebanyak 75 kg atau sekitar 3 sak karung, minyak goreng 10 liter, bahan pengembang 1 kg, mentega 5,5 kg, serta garam dan gula halus sebanyak 15 kg.

"Daya tahan donat sampai sebulan, setelah pergantian tahun kami lepas," ujarnya.

Tan Wien menyatakan donat hasil kreasi Dafam tidak untuk dikonsumsi. Meski begitu tekstur dan bentuk dibuat layaknya donat khas Jawa. 

"Teksturnya memang dibuat tidak terlalu mengembang, lengkap dengan taburan gula halus," ujarnya.

Mempercantik pohon natal donat, ditambahkan sejumlah pernak pernik khas Natal. Semacam tulisan merry christmas ukuran besar yang ditempel di antara dinding lobi dengan lantai diatasnya. Ada semacam hiasan kado, hiasan bunga dan bintang di pucuk pohon natal donat.

PR Manager Dafam Hotel Management, Ninik Haryanti menambahkan tiap tahun pihaknya selalu membuat kreasi yang beda untuk menyemarakkan perayaan Natal dan Tahun Baru. Tahun lalu, Dafam membuat pohon natal asli dari pohon pinus dan tahun 2016 menyusun sekitar 300 botol dalam bentuk unta.

"Dengan kreasi-kreasi seperti itu kami berharap akan makin menambah daya tarik Dafam. Pohon natal donat nantinya akan makin menyemarakkan malam pergantian tahun bernuansa beach," tukas Ninik. []

Berita terkait
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.