2021, OJK Fokus Kembangkan Ekonomi dan Keuangan Syariah

Otoritas Jasa Keuangan mengungkapkan, pada tahun ini akan fokus dalam tiga pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia.
Gedung Otoritas Jasa Keuangan.(Foto:Tagar/MI Ramdani)

Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengungkapkan, lembaganya akan fokus dalam tiga pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia. 

Wimboh menjelaskan fokus tersebut antara lain melalui penguatan lembaga keuangan syariah, penciptaan kebutuhan keuangan syariah berkelanjutan dan mendorong pengembangan ekosistem syariah terintegrasi dengan industri halal.

"Penguatan lembaga keuangan syariah antara lain mendorong pengembangan produk dan layanan berbasis syariah yang berdaya saing tinggi, seperti memiliki keunikan produk sesuai karakteristik keuangan syariah," kata Wimboh dalam paparan OJK, Kamis, 21 Januari 2021.

Penguatan lembaga keuangan syariah antara lain mendorong pengembangan produk dan layanan berbasis syariah yang berdaya saing tinggi.

Selain itu, OJK juga mendorong penggabungan tiga bank syariah milik negara. Sementara di saat yang sama melakukan pemenuhan kuantitas dan kualitas SDM dengan ekspertis pada keuangan syariah. 

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimbow SantosoKetua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimbow Santoso meminta agar pendalaman pasar modal harus terus dilakukan. (Foto: Tagar/uns.ac.id/Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso).

lebih lanjut, OJK mendorong adopsi teknologi untuk perbaikan layanan dan peningkatan efisiensi. Selain itu terkait ekosistem, OJK berupaya memperkuat dukungan infrastruktur dan pembiayaan syariah dari hulu ke hilir. Selanjutnya mendorong peran lebih luas LJK Syariah untuk mendukung pengembangan kawasan industri halal.

"OJK juga mendukung inisiatif Bank Wakaf Mikro (BWM) bagi pembiayaan dan pembinaan pelaku usaha ultra mikro dan UMKM," katanya. []

(Risma Dewi Indriani)

Berita terkait
OJK Resmi Beri Izin Usaha Kepada PT Biru Gadai Indo
OJK mengatakan, pihaknya telah memberikan izin usaha kepada perusahaan pergadaian PT Biru Gadai Indo.
Perkembangan Fintech Melesat, Masyarakat Harus Rajin Cek OJK
Calon nasabah diingatkan untuk rajin mengecek fintech yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar terhindar dari penipuan.
OJK Rancang Enam Inisiatif Strategis Kebijakan di 2021
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah menyiapkan enam inisiatif kebijakan 2021.
0
Investasi Sosial di Aceh Besar, Kemensos Bentuk Kampung Siaga Bencana
Lahirnya Kampung Siaga Bencana (KSB) merupakan fondasi penanggulangan bencana berbasis masyarakat. Seperti yang selalu disampaikan Mensos.