2021 Kemensos Salurkan Bantuan Sesuai Kebutuhan Lansia

Dirjen Rehsos Lansia Andi Hanindito menyampaikan bahwa pada 2021 Kemensos akan salurkan bantuan kepada Lansia sesuai dengan kebutuhan.
Aktivitas balai lansia Budi Dharma, penjemputan lansia. (Foto:Tagar/kemsos.go.id)

Jakarta - Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (Dirjen Rehsos Lansia) Andi Hanindito melalui wawancara bersama Tagar menyampaikan bahwa pada 2021 Kementerian Sosial (Kemensos) akan salurkan bantuan kepada Lansia sesuai dengan kebutuhan.

Bantuan sesuai kebutuhan yang diberikan kepada Lansia tersebut bernama Lansia Kit. Andi mengatakan Lansia Kit tersebut terdiri dari bantuan sandang, pangan, dan papan.

"Untuk sandang itu bisa daster, baju koko, sarung, pampers dan sebagainya. untuk pangan itu bisa nutrisi, bisa beras, dan sebaginya. Kemudian untuk papan itu adalah kamar lansia, bisa tempat tidur, lemari dan sebagainya," jelasnya kepada Tagar, Jumat, 25 Desember 2020.

Selain itu, kata Andi, juga terdapat bantuan perlengkapan atau alat yang terdiri dari alat bantu untuk Lansia seperti tongkat, walker, kursi roda, serta perlengkapan lain yang sifatnya sebagai alat untuk aksesibilitas. Namun menurutnya seluruh bantuan tersebut harus dibiayai secara terpadu.

Bantuan yang Rp 2.400.000 setahun itu disalurkan melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial sebagai representasi dari keluarga

Andi memaparkan bahwa balai tersebut beroperasi dengan anggaran yang di stimulan dan non stimulan. Adapun besaran anggaran stimulan untuk balai sebesar Rp 2.400.000 dalam setahun, sedangkan yang non stimulan bisa berasal dari dana hibah, dunia usaha atau CSR atau sumber lain yang tidak mengikat. 

"Bantuan yang Rp 2.400.000 setahun itu disalurkan melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial sebagai representasi dari keluarga dan tidak bisa untuk para lansia sendiri secara langsung harus melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial atau LKS," kata dia. [] 

Baca juga: 


Berita terkait
Program Kemensos ATENSI, Cerita Pendamping & PPKS
Pendamping lansia dan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraaan Sosial menceritakan kisahnya atas program Asistensi Rehabilitasi Sosial dari Kemensos.
Kemensos Perduli Lansia Lewat Balai Rehabilitasi
Kementerian Sosial terus memberikan perhatian dan keperdulian kepada para lansia lewat Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU).
Bersih-Bersih, Risma Ubah Tata Kelola Internal Kemensos
Menteri Sosial Tri Rismaharini akan melakukan bersih-bersih pasca kasus korupsi mendera Kementrian Sosial yang baru saja dipimpinnya.
0
Tinjau Lapak Hewan Kurban, Pj Gubernur Banten: Hewan Kurban yang Dijual Dipastikan Sehat
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar meninjau secara langsung lapak penjualan hewan kurban milik warga di Kawasan Puspiptek.