2021 ke Tanjung Lesung Bisa Via Tol Serang-Panimbang

Pembangunan Tol Serang-Panimbang menjadi angin segar untuk Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung, akses mudah dengan waktu lebih efisien.
Tanjung Lesung (Foto: Instagram).

Jakarta - Tol Serang-Panimbang salah satu kunci keberhasilan dari pembangunan masyarakat Pandeglang, termasuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. 

Pembangunan konstruksi jalan Tol Serang-Panimbang untuk wilayah Pandeglang akan segera dikerjakan mulai bulan Juli 2020 mendatang.

Beroperasinya Tol Serang-Panimbang akan mempermudah dan mempercepat waktu tempuh wisatawan menyambangi KEK Tanjung Lesung.

Dari rilis yang diterima Tagar, jadwal pembangunan Tol Serang-Panimbang sudah ditentukan. Rencananya, pembangunan akan dimulai pada Juli 2020 dan ditargetkan selesai pada tahun 2021.

"Pembangunan konstruksi jalan Tol Serang-Panimbang untuk wilayah Pandeglang akan segera dikerjakan mulai bulan Juli 2020 mendatang. Mudah-mudahan sesuai target," ucap Kepala Tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Serang-Panimbang sektor III Kementerian PUPR Ibrahim Hasan di Ruang Garuda Pemkab Pandeglang, di Pandeglang, Kamis, 9 Januari 2020.

Saat ini, lanjut Ibrahim, masih ada beberapa kendala terkait lahan, terutama masalah alas hak atas tanah. Karena di Kabupaten Pandeglang lebih banyak alas hak dan itu bukan satu tingkat.

"Kebanyakan dari Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT), sementara SPPT itu bukan alas hak, jadi kami harus memastikan tidak terjadi salah pembayaran kepada warga,“ kata Ibrahim.

Untuk penyelesaian pembangunan tol Serang-Panimbang untuk wilayah Pandeglang, Kementerian PUPR menargetkan di akhir 2021.

"Hingga sampai saat ini progresnya sudah 73 persen, berbeda dengan wilayah Serang dan Lebak yang ditarget selesai di akhir 2020 harus sudah beroperasi. Jadi memang Kabupaten Pandeglang paling terakhir," ungkap Ibrahim.

Pembangunan fisik tol Serang-Panimbang, kata dia, bakal dilakukan sesuai dengan rencana, yaitu bulan Juli 2020. Sementara untuk kendala yang terjadi saat ini, akan diselesaikan secepatnya dengan berkoordinasi dengan semua pihak.

Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang akan terus mendukung agar pembangunan tol Serang-Panimbang cepat terlaksana. Tanto akan mendukung semua kebutuhan Pemerintah Pusat, apakah itu pembebasan lahan, mediasi, sosialisasi dan sebagainya.

"Karena memang pembangunan tol ini problemnya sangat kompleks terutama pembebasan lahan, karena hal tersebut berkaitan dengan berbagai pihak, baik itu institusi, vertikal dan yang paling utama adalah masyarakat,“ kata Tanto.

Pembangunan Tol Serang-Panimbang, menurut dia, merupakan kunci keberhasilan pembangunan bagi masyarakat Pandeglang. Alasan itu yang membuat Pemkab Pandeglang mendukung penuh proyek strategis tersebut. Dengan adanya tol menuju Tanjung Lesung akan akan menjadi gerbang kemajuan bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

Sementara itu, Direktur Utama PT Banten West Java Poernomo Siswoprasetijo selaku pengelola KEK Tanjung Lesung mengatakan pengumuman pembangunan Tol Serang-Panimbang semakin memacu untuk mengembangkan KEK Tanjung Lesung.

"Kalau sudah dapat kepastian target selesai tol seperti ini, pasti kami juga menyiapkan diri dengan mempercepat pembangunan. Sejauh ini pembangunan pengembangan sarana dan prasarana, sudah on progres. Pembangunan kamar hotel kita sudah kami kerjakan secara bertahap berikut juga pembangunan jalan," ucap Poernomo.

Jika lonjakan kunjungan wisata terjadi setelah tol Serang-Panimbang beroperasi, kata Poernomo, KEK Tanjung Lesung bisa mengakomodir semua kebutuhan wisatawan, baik tempat tinggal, hiburan dan water activities

"Kami terus melakukan pengembangan pembangunan dan gencar melakukan promosi agar kunjungan wisatawan meningkat. Belum lama ini, kami merilis website experiencetanjunglesung.com, sebuah platform e-commerce yang khusus menjual pariwisata di KEK Tanjung Lesung dan sekitarnya," ujar Poernomo. []

Berita terkait
Road to Bodur Fest 2020 Akan Hadir di Tanjung Lesung
Tanjung Lesung terus menarik minat wisatawan untuk datang, salah satunya dengan Road to Bodur Fest 2020.
Wisata Eksotis Pemalang Bikin Hati Tenang
Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah mempunyai banyak wisata eksotis yang menarik perhatian wisatawan di kala mengisi liburan. Apa saja wisata itu?
Menelusuri Wisata Iran Kental Nilai Historis
Iran dengan Ibu Kotanya Tehran memiliki destinasi wisata yang kental dengan nilai historis, apa saja wisatanya?
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.