2021 Ditetapkan Tahun Akselerasi Transformasi Digital

Menkominfo Johnny G. Plate menyebut Presiden Jokowi telah menetapkan 2021 tahun akselerasi transformasi digital.
Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja di Kalimantan Tengah, Kamis, 9 Juli 2020 (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan Presiden Jokowi telah menetapkan 2021 sebagai tahun akselerasi transformasi digital.

Sejalan dengan itu, Johnny menuturkan pemerintah telah melakukan akselerasi transformasi digital di tengah pandemi Covid-19.

"Tahun 2021 Bapak Presiden sudah menetapkan sebagai tahun di mana akselerasi transformasi digital," kata Johnny dalam Rapat virtual Pengarahan Komunikasi dan Sosialisasi Agenda Narasi Tahunan Pemerintah Tahun 2020 dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat 7 Agustus 2020.

'Orkestrasi Indonesia Maju' dengan semangat yang optimis yang harus kita bangun.

Menurutnya, Indonesia mampu beradaptasi dengan menggunakan teknologi sebagai alat untuk akselerasi pembangunan dan recovery selama pandemi Covid-19.

Maka dari itu, politikus Partai NasDem tersebut mengapresaisi seluruh lapisan masyarakat yang menunjukkan kemampuan beradaptasi yang begitu cepat, dengan langkah-langkah kreatif untuk menuju hidup produktif dan aman di tengah situasi sulit.

"Bapak Presiden berkali-kali menyampaikan Covid-19 memang masalah dunia, memang masalah Indonesia, masalah kesehatan, tetapi di Covid-19 ada sisi-sisi lain," tuturnya.

Dalam kesempatan itu juga, Johnny mengajak masyarakat untuk melihat masa depan secara optimistis. Ia meminta agar menyampingkan narasi pesimistis di tengah masyarakat.

"'Orkestrasi Indonesia Maju' dengan semangat yang optimis yang harus kita bangun," ujarnya.

Rasa optimistis dibarengi dengan pentingnya bergotong-royong. Itu sesuai, kata dia, dengan seruan Jokowi kepada masyarakat saat berpidato pada 20 oktober 2019.

"Sedangkan beberapa keywords saya kira terkait dengan gotong royong, pandemi covid-19 menguatkan semangat gotong-royong masyarakat untuk saling membantu, saling mendukung, tidak mengucilkan," ujarnya.

Johnny menilai perilaku gotong royong tidak perlu disombongkan, melainkan saling menguatkan dengan harapan Indonesia segera keluar dari kesulitan saat ini di mana terjadi wabah pandemi Covid-19.

Berita terkait
Target Jokowi Turunkan Angka Stunting di Indonesia
Angkie Yudistia mengatakan, Presiden Jokowi sangat memperhatikan kasus stunting di Indonesia.
Jokowi: 8 Bandara Berpotensi Jadi Hub dan Super Hub
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan terdapat delapan bandar udara (bandara) internasional yang berpotensi menjadi hub dan super hub.
Hadiah Spesial Bisa Tebak Pakaian Jokowi Saat HUT RI
Pihak Istana siapkan hadiah spesial bagi peserta yang berhasil menebak busana Presiden Jokowi dan Ibu Negara saat HUT RI ke-75.