2000 Migran Diselamatkan Secara Dramatis di Laut Tengah

“Satu tewas, lebih dari 2.000 migran ditarik dari Laut Tengah dalam serangkaian penyelamatan dramatis,” kata petugas dan saksi mata.
Satu kapal penuh Imigran diselamatkan pasukan Italia di laut Tengah beberapa waktu lalu. (Foto:Infostormer.com)

Roma, (Tagar 15/4/2017) – “Satu tewas, sementara lebih dari 2.000 migran yang berupaya mencapai Eropa ditarik dari Laut Tengah dalam serangkaian penyelamatan dramatis,” kata sejumlah petugas dan saksi mata.

Juru bicara dinas penjagaan pantai Italia mengatakan, 19 misi penyelamatan oleh penjaga pantai atau kapal-kapal yang dioperasikan oleh berbagai organisasi nirlaba pada Jumat (14/4) telah menyelamatkan 2.074 migran dari 16 perahu karet serta tiga perahu kecil.

“Lautan masih jadi kuburan. Satu remaja ditemukan tewas di sebuah perahu karet yang para penumpangnya diselamatkan kapal Aquarius,” sebut pengelola Medecins Sans Frontieres (MSF), sebuah yayasan amal yang bergerak di bidang medis.

Cuitan MSF di twitter itu dibenarkan juru bicara badan penjaga pantai. MSF melaporkan, dua dari kapal mereka, yaitu Aquarius dan Pridence, telah menyelamatkan sekitar 1.000 migran di sembilan perahu. Para pengungsi yang putus asa berjuang untuk tetap mengapung setelah tergelincir dari perahu-perahu karet selama operasi penyelamatan oleh kapal Phoenix milik pegiat Migrant Offshore Aid (MOAS).

Tayangan video memperlihatkan para penyelamat terjun ke laut di perairan Libya membantu para migran.

“Selama 19 tahun meliput cerita soal migrasi, saya tidak pernah melihat kejadian seperti ini,” kata Darrin Zammit Lupi, juru foto Reuters yang berada di kapal Phoenix. Dia menyebutkan, Phoenix menyelamatkan 134 orang, seluruhnya berasal dari wilayah sub-Sahara.

Para migran yang diselamatkan MSF dan MOAS dipindahkan ke kapal-kapal penjaga pantai Italia, yang juga telah menyelamatkan banyak migran lainnya, untuk dibawa ke pelabuhan di Italia. Organisasi Internasional untuk Migrasi mengungkapkan, tahun ini jumlah migran yang tiba di Eropa melalui laut hampir mencapai 32.000 orang. “Lebih dari 650 orang di antaranya meninggal atau hilang,” lapornya.(yps/ant).

Berita terkait
0
Surya Paloh Sebut Nasdem Tidak Membajak Ganjar Pranowo
Bagi Nasdem, calon pemimpin tak harus dari internal partai. Ganjar Pranowo kader PDIP itu baik, harus didukung. Tidak ada membajak. Surya Paloh.