20 Juta Dolar AS untuk Amerika Tengah dan Meksiko

AS umumkan paket bantuan kemanusiaan tambahan senilai 20 juta dolar AS untuk Meksiko dan Amerika Tengah
Imigran dan pencari suaka dari Amerika Tengah dan Karibia di Chiapas berjalan menuju Ibu Kota Meksiko untuk mendaftar sebagai pencari suaka dan pengungsi pada 29 Agustus 2021 (Foto: voaindonesia.com - Reuters/Jose Torres)

Jakarta - Amerika Serikat (AS) pada Jumat, 15 Oktober 2021, mengumumkan paket bantuan kemanusiaan tambahan senilai 20 juta dolar AS untuk Meksiko dan Amerika Tengah.

Bantuan itu akan “membantu memenuhi kebutuhan kemanusiaan yang mendesak bagi hampir 700.000 pencari suaka, pengungsi, dan migran yang rentan di wilayah Amerika Tengah dan Meksiko,” seperti dikatakan oleh pejabat Departemen Luar Negeri AS dalam siaran pers.

Dalam pernyataannya Departemen Luar Negeri AS juga mengatakan bahwa secara khusus, uang itu akan digunakan untuk tempat penampungan, perawatan kesehatan, bantuan hukum dan layanan kesehatan jiwa.

imigran haiti lewati bendungan di perbatasan as meksikoKelompok imigran asal Haiti berusaha melewati bendungan di perbatasan AS dan Meksiko untuk menuju AS pada 18 September 2021. Pemerintah AS tengah memulangkan kelompok imigran Haiti dalam beberapa waktu terakhir (Foto: voaindonesia.com - AP/Eric Gay)

Amerika telah memberi lebih dari 331 juta dolar AS bantuan ke Amerika Tengah dan Meksiko pada Tahun Anggaran 2021, menjadikannya “donor tunggal bantuan kemanusiaan terbesar di Amerika Tengah dan Meksiko dan untuk pencari suaka, pengungsi, dan migran yang rentan di wilayah tersebut.”

Langkah itu diambil sementara pemerintah Biden mengumumkan akan mematuhi perintah pengadilan pada pertengahan November mendantang untuk melanjutkan program imigrasi yang biasa disebut sebagai “Tetap di Meksiko,” sebuah program yang dimulai oleh mantan Presiden Donald Trump. Program itu mengharuskan pencari suaka tetap berada di Meksiko sampai menjalani sidang pengadilan Amerika.

imigran haiti lari ke meksikoPara migran, yang kebanyakan berasal dari Haiti, menyeberangi sungai Rio Grande di Del Rio, Texas, menuju Kota Ciudad Acuña, Meksiko, 20 September 2021. Upaya tersebut dilakukan untuk menghindari deportasi yang dilakukan oleh pemerintah AS (Foto: voaindonesia.com - AP/Felix Marquez)

Pada Juni lalu, Biden mengakhiri program yang secara resmi disebut Protokol Perlindungan Migran, tetapi pengadilan federal pada Agustus membatalkan keputusan tersebut. Biden dilaporkan ingin melakukan upaya lain untuk membatalkan program itu (ka/rs)/voaindonesia.com. []

Imigran Amerika Tengah Kecewa Karena Diusir dari Amerika

Blinken Desak Amerika Tengah Atasi Akar Masalah Imigran

Wapres Harris Minta Warga Amerika Tengah Jangan Datang ke AS

110 Juta Dolar AS Untuk Atasi Migrasi Amerika Tengah

Berita terkait
Imigrasi AS Persempit Target Imigran yang Akan Dideportasi
Pemerintah AS akan memperjelas siapa saja yang boleh ditangkap dan dideportasi oleh pihak imigrasi negaranya
0
20 Juta Dolar AS untuk Amerika Tengah dan Meksiko
AS umumkan paket bantuan kemanusiaan tambahan senilai 20 juta dolar AS untuk Meksiko dan Amerika Tengah