UNTUK INDONESIA
20 Hektar Hutan di Ambon Terbakar
Kebakaran hebat melanda hutan di kawasan Air Besar Maluku. Diperkirakan hutan yang terbakar diperkirakan kurang lebih 20 hektar.
Kebakaran hebat melanda hutan di kawasan Air Besar, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau Ambon, Maluku, Jumat, 24 Januari 2020 malam.(Foto: Tagar/Muhammad Jaya)

Ambon - Kebakaran hebat melanda hutan di kawasan Air Besar, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau Ambon, Maluku, Jumat, 24 Januari 2020 pukul 17.50 WIT. Hutan yang terbakar, diperkirakan dengan luas kurang lebih 20 hektar.

Sekira pukul 22.45 WIT, kebakaran  tersebut baru berhasil dipadamkan setelah lima unit Damkar melakukan pemadaman dibantu warga setempat.

Meski dekat pemukiman warga, tak ada korban jiwa atau pun rumah yang terbakar.

Kasubag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Iptu Julkisno Kaisupy menjelaskan, kebakaran hutan yang terjadi ini tidak jauh dari pemukiman warga setempat kurang lebih 100 meter dari lokasi kebakaran.

"Meski dekat pemukiman warga, tak ada korban jiwa atau pun rumah yang terbakar. Kebakaran terjadi tiba-tiba, disaat cuaca panas" ujar Julkisno, Jumat 24 Januari 2020.

Sebelum mobil pemadam tiba, warga setempat memadamkan kobakaran api dengan peralatan seadanya, namun kobaran api semakin membesar dikarenakan angin yang sangat kencang membuat warga kewalahan.

Setelah itu, kata Julkisno, warga  menghubungi Pihak Damkar Kota Ambon untuk meminta bantuan memadamkan kebakaran hutan tersebut.

"Pukul 18.05 WIT, dua unit Mobil Pemadam Kebakaran Kota Ambon tiba di lokasi dan berusaha memadamkan kobaran api, namun api belum berhasil di padamkan," tandasnya.

Dengan kondisi begitu, maka ditambah tiga unit mobil Damkar sehingga total menjadi 5 unit Mobil Damkar Kota Ambon, yang berusaha memadamkan kobaran api.

Pukul 22.45 WIT, kebakaran hutan tersebut berhasil dipadamkan selanjutnya 5 unit mobil Damkar meninggalkan lokasi.

"Namun perlu untuk mengantisipasi titik-titik api yang berada disebelah gunung yang masih menyala karena sulit dijangkau oleh pihak Damkar, sehingga personil Polsek Sirimau masih bertahan memantau situasi lokasi kebakaran," katanya.

Dia mengatakan, setelah tidak ada titik apa lagi pukul 23.30 WIT, personil  Polsek Sirimau meninggalkan lokasi. Sedangkan, Bhabin Kamtibmas masih berada di lokasi untuk memantau situasi serta melaporkan perkembangan situasi.

Julkisno menambahkan, meski terjadi kebakaran hebat, namun tak ada rumah yang terbakar atau pun korban jiwa. []

Berita terkait
35 Hektare Hutan di Ambon Ludes Terbakar
Puluhan hektare kawasan hutan kayu di Desa Soya, Kecamatan Sirimau Ambon, Maluku, terbakar.
Kantin Proyek Rumah Sakit di Ambon Terbakar
Sebuah kantin proyek pembangunan Rumah Sakit di kecamatan Teluk Ambon terbakar, beruntung api tidak menjalar ke bangunan rumah sakit.
Mobil dan Dua Bangunan Tertimpa Pohon di Ambon
Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan pohon Pule tumbang dan menimpa mobil serta bangunan di bawahnya, beruntung tidak ada korban jiwa.
0
2 Motor Tabrakan di Simalungun, 1 Tewas 2 Luka-Luka
Dua unit sepeda motor terlibat kecelakaan di Simalungun. Satu pengemudi sepeda motor tewas.