UNTUK INDONESIA
2 Tipe Peretasan WhatsApp pada Kasus Ravio Patra
Pakar media sosial Enda Nasution mengatakan ada dua tipe peretasan WhatsApp yang dimungkinkan seseorang membajak, seperti pada kasus Ravio Patra.
Petisi pembebeasan Ravio Patra yang dibagikan akun Twitter @KontraS.

Jakarta - Pakar media sosial Enda Nasution mengatakan peretasan akun WhatsApp bukan menjadi hal yang mudah. Hal demikian disampaikannya saat disinggung soal aktivis sekaligus peneliti kebijakan publik Ravio Patra (RPS) yang ditangkap kepolisian karena dituduhkan melakukan hasutan.

"Harusnya enggak mudah untuk meretas WhatsApp ya, Kalau mudah tentu banyak kejadian lain," ujar Endah yang juga merupakan Koordinator Gerakan #BijakBersosmed ini kepada Tagar, Jumat, 24 April 2020.

Satu, isi konten percakapan diakses orang lain. Dua, akun WhatsApp di-take over oleh orang lain. Dalam kasus RP ini yang terjadi nomor dua

Dia mengatakan, sejak awal WhatsApp dikembangkan dengan tingkat keamanan dan privasi yang tinggi. Endah pun membatasi istilah peretasaan di WhatsApp ke dalam dua golongan.

Baca juga: Polisi Benarkan Ravio Ditangkap soal Isu Penjarahan

"Satu, isi konten percakapan diakses orang lain. Dua, akun WhatsApp di-take over oleh orang lain. Dalam kasus RP ini yang terjadi nomor dua," ucap dia.

Enda mengatakan, pengambil-alihan akun WhatsApp seseorang tetap mungkin dilakukan dengan beberapa cara. Namun, menurut dia, hal tersebut tetap tidak mudah.

Baca juga: Polisi Cek Jejak Digital Ravio soal Penjarahan 30 April

"Kalau pastinya yang terjadi pada RP perlu dilakukan penyelidikan digital forensic. Yang saya sampaikan adalah bahwa takeover account mungkin dilakukan," kata Enda.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigadir Jenderal Argo Yuwono membenarkan penangkapan aktivis sekaligus peneliti kebijakan publik Ravio Patra (RPS) terkait ajakan penjarahan. Kepolisian kini tengah mengecek jejak digital Ravio.

"RPS dibawa ke Polda Metro Jaya (PMJ) untuk dilakukan pemeriksaan dari pengakuan RPS bahwa WA (WhatsApp) nya telah di hack. Saat ini penyidik PMJ sedang mengirimkan kepada labfor untuk mengetahui jejak digitalnya seperti apa," tutur Argo kepada wartawan, Kamis, 23 April 2020. []

Berita terkait
Kronologi Penangkapan Ravio Patra Versi KontraS
Berikut kronologi penangkapan Ravio Patra versi KontraS, yang dirangkum Tagar dari laman Twitter resmi @KontraS.
Ravio Patra dan Kerentanan WhatsApp Diserang Peretas
Perusahaan penyedia software Symantec, dalam sebuah studinya mengatakan bahwa WhatsApp masih rentan terhadap serangan peretas.
Layers Dirilis, Ong Seong Wu Comeback dengan Gravity
Artis idola K-Pop Ong Seong Wu, melakukan aksi comeback dengan merilis mini album bertajuk Layers dan lagu berjudul Gravity.
0
Warga Bantaeng Derita Luka Bakar di Sekujur Tubuh
Remaja berusia 20 tahun di Bantaeng menderita luka bakar hampir 80 persen akibat kebakaran menimpa kamar tidurnya.