2 Remaja Banyumas Hanyut di Irigasi Serayu Ditemukan Tewas

Dua remaja Banyumas yang hanyut tenggelam di saluran irigasi Sungai Serayu Bendung Gerak, Kebasen, ditemukan meninggal dunia.
Proses evakuasi remaja Banyumas yang hanyut di saluran irigasi Sungai Serayu. Dua korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. (Foto: Basarnas Cilacap)

Banyumas - Tim search and rescue (SAR) gabungan berhasil menemukan dua remaja asal Banyumas, Jawa Tengah, yang hanyut tenggelam di saluran irigasi Bendung Gerak, Kecamatan Kebasen. Keduanya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di saluran air yang terhubung ke Sungai Serayu tersebut. 

Kepala Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya mengungkapkan dua korban adalah Septian, 17 tahun, warga Desa Margasana, Kecamatan Jatilawang, dan Denis Nurhuda, 16 tahun, Desa Rawalo, Kecamatan Rawalo.  

"Keduanya ditemukan terpisah dan di waktu yang beda beberapa jam setelah dilaporkan hilang tenggelam," kata Nyoman dalam keterangan tertulisnya, Sabtu dini hari, 3 Oktober 2020.

Keduanya ditemukan terpisah dan di waktu yang beda beberapa jam setelah dilaporkan hilang tenggelam.

Menurut Nyoman, keduanya ditemukan setelah pihaknya melakukan penyelaman ke saluran irigasi tersebut. Korban pertama yang ditemukan, Denis Nurhuda, berjarak sekitar 100 meter ke arah hilir atau dari titik tenggelam.

"Ditemukan sekitar pukul 22.50 WIB," ujar dia. 

Menyusul sekitar 1,5 jam kemudian atau pada pukul 00.20 WIB, korban Septian. Septian ditemukan sekitar 50 meter ke arah hilir. "Kedua korban langsung dievakuasi tim SAR gabungan ke Puskesmas Kebasen untuk pemeriksaan jenazah dan perawatan," tuturnya. 

Dengan ditemukannya dua korban maka operasi gabungan dinyatakan ditutup dan unsur SAR yang terlibat kembali ke satuan masing-masing.

"Unsur SAR gabungan terdiri Basarnas Cilacap, Polsek Kebasen, Koramil Kebasen, Tagana Banyumas, BPBD Banyumas, SAR Muhamadiah, Rapi Banyumas, SAR Banyumas, Banser, PMI Banyumas, Serayu Rescue dan masyarakat sekitar," imbuhnya. 

Baca juga: 

Seperti diberitakan sebelumnya, dua korban hanyut saat pesta miras di pinggiran saluran irigasi yang terletak di wilayah Kecamatan Kebasen, Banyumas, Jumat, 2 Oktober 2020, sekitar pukul 18.15 WIB. 

Saat di pinggir irigasi bersama dua rekan perempuannya, Septian terjatuh dan hanyut terbawa air. Rekannya, Denis berupaya menolong tapi malah ikut tenggelam. [] 

Berita terkait
Pesta Miras, 2 Remaja Hanyut di Irigasi Serayu Banyumas
Dua remaja Banyumas jatuh dan tenggelam di saluran irigasi Bendung Gerak aliran Sungai Serayu. Keduanya tengah pesta miras dengan 2 rekannya.
Seorang Parmitu di Siantar Tewas di Saluran Irigasi
Seorang pria usia 62 tahun, yang dikenal peminum tuak, warga Pematangsiantar, Sumatera Utara, ditemukan tewas di saluran irigasi persawahan.
Jatuh ke Saluran Irigasi, Petani di Simalungun Tewas
Seorang petani warga Kabupaten Simalungun, Sumut, ditemukan tewas di saluran irigasi. Tewas setelah terjatuh naik sepeda motor.
0
Sempat Diterpa Badai Seroja, Mensos Targetkan Pemulihan NTT Juni 2021
Menteri Sosial Tri Rismaharini, menargetkan dana bantuan sosial untuk pemulihan NTT yang terkena Badai Seroja dapat disalurkan Juni ini.