UNTUK INDONESIA
2 Polisi Bali Kawal Richard Muljadi Disanksi Administrasi
Polda Bali menegaskan tidak ada permintaan pengawalan diajukan oleh terpidana narkoba, Richard Muljadi yang viral di media sosial.
Kabid Humas Polda Bali, Kombes Syamsu di Mapolda Bali. (Foto: Tagar/Nila Sofianty)

Denpasar - Bidang Profesi dan Pengamanan Kepolisian Daerah Bali hanya memberikan sanksi administrasi kepada dua polisi yang melakukan pengawalan terhadap cucu konglomerat sekaligus terpidana kasus narkoba, Richard Muljadi saat joging. Kasus tersebut viral di media sosial dan menjadi perhatian masyarakat.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakar Kepolisian Daerah Bali, Komisaris Besar Syamsu membenarkan pemberian sanksi terhadap dua polisi yang melakukan pengawalan terhadap Richard Muljadi. Sanksi diberikan setelah ditemukannya pelanggaran prosedur usai diperiksa Propam.

Jadi begini, terkait adanya video yang viral dilakukan dalam kegiatan pengawalan, sudah ditangani oleh Ditpropam Polda Bali.

"Yang jelas fokus kita adalah pelanggaran prosedur pengawalan," ujarnya kepada Tagar, Senin, 19 Oktober 2020.

Sanksi administrasi diberikan, kata dia, setelah dua polisi tersebut sudah membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatan.

Baca juga:

"Jadi begini, terkait adanya video yang viral dilakukan dalam kegiatan pengawalan, sudah ditangani oleh Ditpropam Polda Bali," kata dia.

Karena dalam melakukan pengawalan, terangnya terdapat ketentuan yang harus dilakukan. Ia juga mengatakan kejadian yang kemarin itu tidak patut dilakukan pengawalan.

"Tapi karena yang dikawal adalah orang yang melakukan lari, dianggap tidak sesuai prosedur yang berlaku," ucapnya.

Meski demikian, Syamsi tidak menyangkal bahwa sosok yang dikawal oleh dua polisi PJR adalah Richard Muljadi. Syamsi mengaku tidak ada permintaan secara resmi dari pihak Richard untuk meminta pengawalan.

"Jika ada permintaan pun akan kita akan menilai bahwa itu wajib atau tidak," ucapnya.

Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial terkait mobil polisi mengawal orang mirip Richard Muljadi sedang lari pagi atau joging di Jalan By Pass Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Kamis 15 Oktober 2020.

Dalam video itu, dua orang laki-laki sedang berlari dengan ditemani seekor anjing. Kemudian, mobil polisi ada di depannya untuk mengawal dua pria tersebut. Video tersebut viral dan banyak dikomentari oleh netizen.

Sosok Richard Muljadi adalah cucu konglomerat Kartini Muljari, pendiri Tempo Scan Group. Nenek Richard ini masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes.[] 

Berita terkait
Mobil Patwal Kawal Orang Jogging, Polda Bali Beri Penjelasan
Video yang telah ditonton ratusan ribu orang itu pun menuai banyak kritik dari nitizen.
Jerinx Berstatus Tersangka, Langsung Ditahan Polda Bali
I Gede Ari Astina alis Jerinx resmi ditetapkan sebagai tersangka dugaan kasus pencemaran nama baik IDI.
Jerinx Bersiap Jalani Pemeriksaan di Polda Bali
Kuasa hukum Jerinx SID mengatakan kliennya bersiap berangkat ke Polda Bali untuk menjalani pemeriksaan kasus dugaan ujaran kebencian terhadap IDI.
0
Soal Survey Indikator, DPR: Catatan Buruk Kinerja Pemerintah
Anis menegaskan bahwa ketidakberhasilan pemerintah mencapai target-target ekonominya menjadi catatan tidak baik terhadap kinerja pemerintah.