2 Doa Umat Protestan Sebelum Makan

Sudah menjadi tradisi dan kewajiban untuk mengucapkan doa Kristen sebelum makan.
Ilustrasi (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Sudah menjadi tradisi dan kewajiban untuk mengucapkan doa Kristen sebelum makan. Sebagai salah satu cara dimana orang Kristen harus mengucap syukur atas berkat Tuhan, doa makan ini adalah hal yang penting untuk diajarkan pada anak-anak. 

Oleh sebab itu selalu tanamkan cara berdoa yang benar dalam doa makan supaya anak-anak belajar menghadap Tuhan sebelum makan dengan benar pula. Hal ini tentu akan membuat senang hati Tuhan dalam memberikan berkat lebih lagi pada umatNya.


1. Doa Sebelum Makan Untuk Anak Kecil

Ya Bapa kami, saat ini kami menghadap-Mu untuk mengucap syukur atas semua berkat yang masih kami terima, terutama atas berkat makanan dan minuman yang terhidang di depan kami saat ini.

Terima kasih Bapa, untuk semua yang telah Engkau sediakan bagi kami. Semuanya itu bukan karena kekuatan kami, melainkan karena berkat-Mu yang melimpah kepada kami. Semua makanan dan minuman ini berasal dari pada-Mu, kirannya biarlah dengan makanan ini nama Tuhan selalu dipermuliakan.

Terima kasih Bapa, di dalan nama anak-Mu Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa dan mengucap syukur, Amin.


2. Doa Sebelum Makan Untuk Orang Dewasa

Bapa yang baik, Bapa yang bertahta dalam Kerajaan Surga, segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat-Mu Bapa, untuk segala cinta kasih-Mu yang masih kami rasakan hingga pada saat ini.

Terima kasih Bapa untuk semua makanan dan minuman yang tersedia di hadapan kami dan akan segera kami nikmati. Semuanya ini tersedia bukan karena kekuatan kami, melainkan karena kasih karunia-Mu ya Bapa.

Bapa yang baik, berkati makanan dan minuman yang tersedia ini Bapa. Kirannya bisa menjadi sumber tenaga dan kesehatan bagi kami untuk tetap memuji dan memuliakan nama-Mu. Kirannya biarlah Bapa yang senantiasa mencukupkan segala kebutuhan kami setiap hari.

Ajari kami Bapa untuk senantiasa bersyukur kepada-Mu atas semua berkat yang kami terima. Ajari kami Bapa untuk menjadi berkat bagi diri sendiri dan juga orang lain. Kirannya segala perbuatan kami bisa memuliakan nama-Mu di tengah – tengah dunia ini.

Ya Bapa yang Maha Pengampun, kami adalah mahkluk yang lemah dan penuh dosa. Kirannya terlebih dahulu ampuni dosa dan kesalahan kami, agar kami layak menerima berkat dari-Mu dan layak disebut sebagai anak anak-Mu yang beriman.

Hanya dalam nama Anak-Mu Tuhan Yesus Kristus, kami berdoa dan mengucap syukur kepada-Mu, Amin.

Tentunya dua doa diatas terlihat berbeda walaupun artinya sama, perbedaanya kalau untuk anak kecil lebih mudah di ingat dan di ucapkan, sementara untuk orang dewasa lebih lengkap dan detail.[]


(Erlangga)


Baca Juga:

Berita terkait
Baca Doa Ini Jika Ingin Selamat Dunia dan Akhirat
Membaca doa juga merupakan adab dan permohonan dari hambanya kepada sang pencipta. Salah satunya doa keselamatan dunia-akhirat.
3 Tips Praktis Berdoa untuk Umat Kristen
Dalam agama Kristen, doa adalah cara berkomunikasi dengan Tuhan. Doa bisa dengan berbagai cara, seperti berbicara, tertulis, atau diam.
Ketahui 4 Macam Doa Umat Kristen Sehari-hari
Doa merupakan bentuk harapan juga rasa syukur kita terhadap apa yang telah Tuhan berikan, berikut doa-doa umat Kristen yang bisa Anda panjatkan.
0
2 Doa Umat Protestan Sebelum Makan
Sudah menjadi tradisi dan kewajiban untuk mengucapkan doa Kristen sebelum makan.