17 Teroris Jaringan JAD Ditangkap Densus 88 di Makassar

Selain menembak mati dua terduga teroris di Makassar, polisi juga menangkap 17 orang lainnya.
Ilustrasi Densus 88 Anti teror. (Foto: Tagar/Ilustrasi)

Makassar - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri tak hanya menembak mati dua orang terduga teroris jaringan Jemaah Ansharut Daulah (JAD) Sulsel.

Polisi juga menangkap 17 orang lainnya di kawasan perumahan Villa Mutiara, Jalan Boulevard, Kelurahan Bulurokeng, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Sulawesi Selatan, 6 Januari 2021, sekitar pukul 06:00 WITA, pagi tadi.

Kedua tersangka dan jaringannya yang terpusat di villa mutiara ini, merupakan jaringan JAD.

Selain itu, satu orang terduga teroris mengalami luka tembak, saat ini telah berada di RS Bhayangkara Makassar untuk mendapatkan perawatan medis.

:Baca juga:

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam mengatakan, Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri meringkus 17 orang dan menembak mati dua orang terduga teroris.

"Penindakan oleh Densus 88 Anti Teror terhadap jaringan kelompok teroris di Makassar, sebanyak 20 orang, dua diantaranya meninggal dunia karena melakukan perlawanan dan satu luka tembak serta 17 orang diamankan," kata Kapolda Sulsel di lokasi.

Proses penangkapan jaringan teroris kata jendral bintang dua ini diketahui berada di salah satu rumah yang kerap dijadikan tempat untuk melakukan kajian. Namun, mereka sangat tertutup dengan warga sekitar.

"Kedua tersangka dan jaringannya yang terpusat di villa mutiara ini, merupakan jaringan JAD. Bersama dengan ratusan lainnya yang melakukan baiat terhadap khilafah atau ISIS pada tahun 2015 di Ponpes Ar Ridho pimpinan ustad Basri yang meninggal di Nusakambangan dalam kasus teroris," ungkapnya.

Selain itu, pihak kepolisian juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa senjata tajam seperti parang, senjata PCP, panah, busur dan beberapa dokumen lainnya.

"Sampai saat ini sementara didatakan tapi bahan peledak tidak ada. Dalam pengembangannya ditangani Densus 88. Sudah lama didalami yang bersangkutan dan bukti-buktinya ada," jelasnya.

personel Tim Detasemen khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri menembak dua orang terduga teroris di kawasan perumahan Villa Mutiara, Jalan Boulevard, Kelurahan Bulurokeng, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Sulawesi Selatan, 6 Januari 2021, sekitar pukul 06:00 WITA, pagi tadi.

Kedua terduga teroris tersebut ditembak mati, lantaran saat dilakukan penangkapan di salah satu rumah tempat persembunyiannya melakukan perlawanan sehingga Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri yang dibantu dari Polda Sulsel bersama Polrestabes Makassar langsung menembak keduanya hingga tewas di tempat. []

Berita terkait
Hindari Lubang, Fortuner Tabrak Pohon di Area Bandara Makassar
Sebuah kendaraan roda empat jenis Toyota Fortuner mengalami kecelakaan tunggal di area Jalan poros Bandara Internasional Sultan Hasanuddin
Buronan Korupsi UNM Makassar Ditangkap di Jakarta
Tim Tabur Kejaksaan Agung bersama Kejati Sulsel menangkap buronan kasus korupsi pengadaan peralatan pendidikan di UNM.
Vaksin Sinovac Tiba di Kota Makassar, Dikawal Ketat Polisi
Sebanyak 30 ribu vaksin sinovac akhirnya tiba di Kota Makassar, Selasa 5 Januari 2021 dini hari
0
Prakiraan Cuaca Jakarta, Selasa 1 Juni 2021
BMKG menyampaikan peringatan dini waspada potensi hujan, kilat, petir, dan angin kencang, di wilayah Jakpus, Jakbar, Jaksel, dan jaktim.