UNTUK INDONESIA

17 Makanan Terbaik untuk Jaga Tekanan Darah Tinggi

Berikut Tagar rangkumkan 17 jenis makanan yang baik untuk menjaga tekanan darah tinggi bagi pengidap hipertensi.
Ilustrasi makanan ramah hipertensi. (Foto: Freepik)

Jakarta - Hipertensi atau yang lebih dikenal dengan nama lainnya yaitu tekanan darah tinggi adalah kondisi kesehatan yang bisa mengakibatkan komplikasi penyakit yang parah. Penyakit tersebut antara lain jantung, stroke, bahkan kematian.

Laman healthline mencatat, terdapat lebih dari 1 miliar orang mengidap hipertensi. Bagi Anda yang mengalami kondisi kesehatan seperti ini, tidak perlu terlalu khawatir karena masih ada cara untuk menurunkan tekanan darah menjadi normal, bahkan bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Hal paling umum untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan meminum obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter, salah satunya penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE). Selain itu, perubahan gaya hidup pun juga bisa mempengaruhi kondisi ini.

Perubahan gaya hidup yang paling penting untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan memodifikasi pola makan. Disarankan pula untuk mengikuti diet bergizi dan pastinya sehat untuk jantung.

Melalui pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi khusus seperti kalium dan magnesium, ini dapat mengurangi tingkat tekanan darah Anda.

Berikut Tagar rangkumkan 17 jenis makanan yang baik untuk menjaga tekanan darah tinggi bagi pengidap hipertensi:

Darah Tinggi(Foto: Pixabay/stevepb/Darah Tinggi).

1. Buah Jeruk

Buah yang termasuk ke dalam keluarga jeruk memiliki efek penurun tekanan darah yang kuat.

Mereka sarat dengan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

2. Salmon atau Ikan Berlemak

Ikan berlemak adalah sumber lemak omega-3 yang yang memiliki manfaat untuk kesehatan jantung.

Lemak ini dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan kadar senyawa penyempit pembuluh darah yang disebut oxylipin.

3. Swiss Chard

Swiss chard adalah sayuran berdaun hijau yang dikemas dengan nutrisi pengatur tekanan darah, termasuk kalium dan magnesium. Magnesium juga penting untuk regulasi tekanan darah.

4. Biji Labu

Biji labu adalah sumber nutrisi terkonsentrasi yang penting untuk kontrol tekanan darah, termasuk magnesium, kalium, arginin, dan asam amino.

Ini dibutuhkan untuk produksi oksida nitrat yang penting untuk relaksasi pembuluh darah dan penurunan tekanan darah.

Minyak biji labu juga telah terbukti menjadi obat alami yang ampuh untuk tekanan darah tinggi.

5. Kacang dan Lentil

Kacang dan lentil kaya akan nutrisi yang membantu mengatur tekanan darah seperti serat, magnesium, dan kalium. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa makan kacang-kacangan dan lentil dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Buah Beri

Buah beri telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan yang mengesankan, termasuk potensinya untuk mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

Blueberry, raspberry, chokeberry, cloudberry, dan stroberi hanyalah beberapa dari beri yang dikaitkan dengan efek penurunan tekanan darah.

7. Amaranth

Makan biji-bijian seperti amaranth dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah Anda. Studi menunjukkan bahwa diet kaya biji-bijian dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

8. Pistachio

Pistachio sangat bergizi dan telah dikaitkan dengan tingkat tekanan darah yang sehat. Pistachio kaya akan sejumlah nutrisi penting untuk kesehatan jantung dan pengaturan tekanan darah, termasuk kalium.

9. Wortel

Wortel kaya akan senyawa fenolik, seperti klorogenik, p-coumaric, dan asam caffeic, yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan yang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

Mungkin wortel akan lebih enak dimakan jika sudah dimasak. Namun, memakannya mentah-mentah dinilai lebih bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

10. Seledri

Seledri mengandung senyawa yang disebut phthalides yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tingkat tekanan darah.

Berbeda dari wortel, seledri yang dimasak dianggap lebih berpengaruh terhadap penurunan tekanan darah.

11. Tomat

Tomat kaya akan nutrisi, termasuk potasium dan pigmen likopen karotenoid. Likopen secara signifikan dikaitkan dengan efek menguntungkan pada kesehatan jantung.

Dengan mengonsumsi makanan tinggi nutrisi ini, dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

12. Brokoli

Brokoli dikenal karena banyak efek menguntungkannya pada kesehatan, termasuk sistem peredaran darah.

Brokoli mengandung antioksidan flavonoid yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan kadar oksida nitrat dalam tubuh.

13. Yogurt Yunani

Yogurt Yunani adalah produk susu padat nutrisi yang mengandung mineral yang dapat membantu mengatur tekanan darah, termasuk kalium dan kalsium.

14. Rempah-Rempah

Rempah-rempah tertentu mengandung senyawa kuat yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan membantu pembuluh darah rileks.

Biji seledri, ketumbar, kunyit, serai, jintan hitam, ginseng, kayu manis, kapulaga, sweet basil, dan jahe hanyalah beberapa dari rempah-rempah yang telah terbukti memiliki potensi penurun tekanan darah menurut hasil penelitian pada hewan dan manusia.

15. Biji Chia dan Flaxseed

Biji chia dan flaxseed adalah biji kecil yang penuh dengan nutrisi yang penting untuk pengaturan tekanan darah yang sehat, termasuk kalium, magnesium, dan serat.

16. Buah Bit

Bit sangat bergizi. Dengan mengonsumsi ini, dapat membantu tekanan darah menjadi lebih sehat. Buah ini tinggi nitrat yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan dapat menurunkan tekanan darah.

17. Bayam

Seperti bit, bayam kaya akan nitrat. Itu juga sarat akan antioksidan, kalium, kalsium, dan magnesium, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

Sup bayam juga menurunkan kekakuan arteri, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. []

(Okky Pratiwi

Berita terkait
Deretan Makanan dengan Banyak Energi untuk Tubuh
Berikut Tagar rangkum sejumlah makanan yang dapat memberi anda banyak energi yang dikutip dari laman Healtline.
Jenis Makanan dan Minuman Bantu Redakan Stres
Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan sejumlah makanan dan minuman pereda stres dan dapat ditambahkan ke diet anda:
Mengenal Tanda-tanda Kadar Gula Darah Tinggi
Kadar gula darah tinggi tentu berbahaya untuk kesehatan karena bisa memicu terjadinya penyakit diabetes. Berikut tanda-tanda kadar gula meningkat.
0
17 Makanan Terbaik untuk Jaga Tekanan Darah Tinggi
Berikut Tagar rangkumkan 17 jenis makanan yang baik untuk menjaga tekanan darah tinggi bagi pengidap hipertensi.