17 Jembatan dan 42 Rumah Rusak karena Banjir di Aceh Timur

Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Timur mengakibatkan 42 rumah dan 17 jembatan rusak dan satu orang meninggal dunia.
Petugas mengevakuasi warga yang terkena banjir di Aceh Timur, Aceh, Sabtu, 5 Desember 2020. (Foto: Tagar/Dok BPBA Aceh)

Aceh Timur - Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Timur sejak Jumat, 4 Desember 2020 lalu mengakibatkan 42 rumah dan 17 jembatan rusak.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Rabu, 9 Desember 2020 banjir mulai surut di beberapa titik dari total 266 desa di 19 kecamatan yang terendam banjir.

"Warga yang masih mengungsi sebanyak 1.961 jiwa di Kecamatan Peureulak dan Peureulak Barat," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Sunawardi, Rabu, 9 Desember 2020.

Di beberapa titik di kecamatan air sudah mulai surut, ketinggian air masih 10 hingga 50 sentimeter.

Sunawardi menyebut banjir tersebut telah berdampak kepada  86.724 warga yang tersebar di 266 desa di 19 kecamatan di Aceh Timur, Selain itu banjir juga merenggut nyawa seorang anak yang berusia 14 tahun.

Berita terkait:

"Banjir akibat intensitas hujan yang tinggi terjadi pada 4 Desember 2020 dan meluapnya sungai Peureulak dan Arakundo," sebutnya.

Kemudian sambungnya, dari 42 rumah rusak itu terdiri dari 39 rusak berat, 2 rusak sedang, dan 1 rusak ringan. Sedangkan 17 jembatan semuanya disebut rusak berat karena banjir.

"Di beberapa titik di kecamatan air sudah mulai surut, ketinggian air masih 10 hingga 50 sentimeter, keadaan masyarakat di lokasi banjir maupun di lokasi pengungsian masih aman terkendali," katanya. []

Berita terkait
Langgar Protokol Kesehatan, 7.493 Orang Kena Sanksi di Aceh
Operasi yustisi menjaring sekitar 7.493 orang yang melanggar protokol kesehatan di Aceh, sejak awal September 2020.
Empat Hektare Ladang Ganja Siap Panen Dimusnahkan di Aceh
Empat hektare ladang ganja yang siap panen dimusnahkan di kawasan ie suum, Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar.
Kronologi Mobil Tabrak Pohon di Aceh, 2 Orang Meninggal
Kecelakaan di Aceh Jaya mengakibatkan dua orang meninggal dunia.
0
Nama Varian Covid-19 Dengan Alfabet Yunani Hindari Stigma
WHO akan ganti penyebutan nama varian Covid-19 untuk hapus stigma negara-negara di mana jenis varian baru virus corona pertama kali dilaporkan