160 Warga Pesisir Selatan Posotif Corona, 5 Meninggal

Total kasus positif corona di Pesisir Selatan mencapai 60 orang dan 5 di antaranya meninggal dunia.
Juru Bicara Penanganan Covid-19 Pessel, Rinaldi Dasar. (Foto: Tagar/Teddy Setiawan)

Pesisir Selatan - Sebanyak 12 orang warga Pesisir Selatan (Pessel) kembali dilaporkan positif terpapar Covid-19. Dengan begitu hingga Senin, 21 September, total pasien positif corona mencapai 160 orang. Sedangkan angka kematian 5 orang.

Dari total kasus, yang sembub sebanyak 34 orang. 5 meninggal dan sisanya isolasi.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pessel Rinaldi Dasar mengatakan, tambahan 12 kasus itu terdiri dari pasien kasus 149, laki-laki, 68 tahun. Ia tercatat sebagai warga Nagari Painan Kecamatan IV Jurai.

"Dia pasien dengan keluhan demam, batuk. Ia menjalani swab pada Rabu 16 September 2020. Kini diisolasi mandiri di rumah," ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tagar, Senin, 21 September 2021.

Kemudian, pasien kasus 150, seorang perempuan 63 tahun. Yang bersangkutan merupakan warga Sago Kecamatan IV Jurai. Pasien dinyatakan positif setelah keluarnya uji sampel swab pada Rabu, 16 September 2020.

Pasien kasus ke 151, perempuan, 37 tahun, warga Rawang Painan Kecamatan IV Jurai. Yang bersangkutan tertular akibat pernah kontak erat dengan pasien kasus positif yang pernah diswab pada Rabu, 16 September 2020.

Pasien kasus 152, perempuan, 48 tahun, salah seorang warga Painan Kecamatan IV Jurai. Pasien kasus 153, perempuan, 51 tahun, warga Painan Kecamatan IV Jurai. Pasien kasus ke 154, perempuan, 43 tahun, warga Painan Kecamatan IV Jurai 3 tahun dan ASN di RS Painan.

Pasien ke 155, perempuan, 17 tahun, salah seorang pelajar, warga Nagari Bunga Pasang Pelajar Kecamatan IV Jurai. Pasien kasus 156, perempuan 46 tahun, warga Bungo Pasang Kecamatan IV Jurai. Pasien kasus 157, laki-laki, 27 tahun, warga Painan IV. Selanjutnya pasien kasus 158, perempuan, 36 tahun, warga Bukit Siayah Lumpo Kecamatan IV Jurai.

"Mereka pernah kontak dengan pasien yang diambil swabnya pada Rabu, 16 September 2020. Mereka kini isolasi mandiri di rumah," katanya.

Pasien kasus ke 159, perempuan, 54 tahun, warga Koto Panjang Kecamatan Koto XI Tarusan. Yang bersangkutan adalah pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di Bunda Medical Centre (BMC) Padang. Ia dinyatakan positif pada Rabu, 21 September 2020.

Pasien kasus 160, perempuan, alamat, Sago Kecamatan IV Jurai. Pasien pada awalnya merupakan PDP di RSUP M. Jamil Padang. "Dari total kasus, yang sembub sebanyak 34 orang. 5 meninggal dan sisanya isolasi," katanya.

Memutus mata rantai penyebaran corona, Gugus Tugas melakukan beberapa upaya antara lain melakukan tracking terhadap masyarakat yang pernah kontak dengan pasien. Kemudian, mengimbau masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

"Melarang kegiatan pesta, hiburan dan mengadakan keramaian. Membuka kembali Rumah Susun Sewa (Rusunawa) sebagai lokasi isolasi pasien corona," katanya. []


Berita terkait
Hasil Swab Tiga Pasangan Bakal Calon Kepala Daerah Pessel
Komisioner KPU Pessel memastikan tiga pasangan bakal calon kepala daerah yang telah mendaftar memenuhi syarat kesehatan.
Semua Babinsa di Pessel Wajib Patuhi Prokes
Semua Babinsa di Kabupaten Pesisir Selatan diwajibkan menerapkan protokol kesehatan.
Pessel Usul 3 Ribu Guru Honorer Terima Subsidi
Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mengusulkan sebanyak 3 ribu guru honorer untuk mendapatkan subsidi gaji dari pemerintah pusat.
0
Tips Mencegah Keriput Pada Usia Muda
Semakin cepat mencegah keriput pada kulit wajah semakin baik hasil yang Anda dapatkan sebab keriput yang dibiarkan membuat tampilan tampak tua.