16 Turis Tewas Terjebak Salju di Pakistan

Sedikitnya 16 turis tewas karena kedinginan di tengah suhu beku setelah terdampar di kendaraan mereka di Pakistan utara
Seorang tentara membersihkan salju di bawah kendaraan yang terdampar setelah hujan salju lebat di Murree, Pakistan 8 Januari 2022 (Foto: voaindonesia.com - Inter Services Public Relations/ISPR via REUTERS)

Jakarta – Sedikitnya 16 turis tewas karena kedinginan di tengah suhu beku setelah terdampar di kendaraan mereka di Pakistan utara, tempat ribuan orang berbondong-bondong menikmati salju, seperti dikatakan oleh pejabat setempat, Sabtu, 8 Januari 2022.

Saat ini sekitar 1.000 kendaraan masih terdampar di wilayah Murree, 64 km timur laut Ibu Kota Islamabad, sehingga pemerintah menyatakan area tersebut sebagai daerah bencana.

“Untuk pertama kalinya dalam 15 hingga 20 tahun sejumlah besar turis berbondong-bondong ke Murree, yang menyebabkan krisis besar,” Sheikh Rashid Ahmed, Menteri Dalam Negeri Pakistan, mengatakan dalam sebuah pesan video.

jalan tertutup salju di islamabad pakistanOrang-orang berjalan di jalan yang tertutup salju saat salju turun di Murree, sekitar 65 km utara Islamabad, Pakistan, pada 12 Desember 2020 (Foto: voaindonesia.com - AFP/Aamir Qureshi)

Menteri mengatakan bahwa sekitar 1.000 mobil terjebak di stasiun bukit, yang dibangun lebih tinggi daripada daerah di sekelilingnya. Ia membenarkan bahwa "16 hingga 19 kematian telah terjadi di mobil mereka.

Ia mengatakan peleton tentara dan pasukan paramiliter telah dikerahkan untuk membantu pemerintah sipil dalam operasi penyelamatan.

Pada Jumat, 7 Januari 2022, malam, pemerintah mengumumkan penutupan semua jalan menuju stasiun untuk menghentikan masuknya wisatawan lebih lanjut.

twit imranTweet Imran Khan @ImranKhanPTI (Foto: voaindonesia.com)

Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan, menyatakan keterkejutannya atas "kematian tragis" para turis. "Telah memerintahkan penyelidikan dan menerapkan peraturan yang kuat untuk memastikan pencegahan tragedi semacam itu," kata Khan dalam sebuah tweet.

Menteri Penerangan Pakistan, Fawad Chaudhry, mengimbau masyarakat untuk tidak mengunjungi stasiun bukit.

Hujan salju, yang dimulai pada Selasa malam, berlanjut secara berkala, menarik ribuan wisatawan. Karena banyaknya pengunjung, banyak keluarga yang akhirnya terdampar di jalan.

Media lokal melaporkan bahwa lebih dari 100.000 kendaraan memasuki stasiun bukit.

murree pakistanLetak geografis Murree di Pakistan (Sumber: france24.com)

Video yang dibagikan di media sosial menunjukkan seluruh keluarga, termasuk anak-anak, terbaring dalam keadaan tak bernyawa di kendaraan mereka yang tertutup salju (ah)/Reuters/voaindonesia.com. []

10 Pendaki Meninggal Dunia Tertimbun Salju di Iran

Hakim Agung Perempuan Pertama Pakistan

Pakistan dan Taliban Saling Bersitegang

Malala Yousafzai, Perempuan Pakistan yang Ditembak Taliban Menikah

Berita terkait
Serangan Terorisme di Pakistan Meningkat
Pakistan mencatat lonjakan angka tindak terorisme sebesar 56% di tahun 2021, menyusul masa tenang di tahun-tahun sebelumnya
0
16 Turis Tewas Terjebak Salju di Pakistan
Sedikitnya 16 turis tewas karena kedinginan di tengah suhu beku setelah terdampar di kendaraan mereka di Pakistan utara