UNTUK INDONESIA
158.405 Sembuh Covid, Jokowi Ajak Seluruh Rakyat Pakai Masker
Presiden Jokowi mengucap syukur atas kesembuhan 158.405 pasien Covid-19 (C-19). Jokowi meminta agar pemakaian masker benar-benar terwujud.
Presiden Jokowi saat meresmikan secara virtual gedung sekolah vokasi Undip Semarang, Rabu, 26 Agustus 2020. Jokowi minta industri membuka akses kemudahan mahasiswa untuk magang minimal selama satu semester. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucap syukur atas kesembuhan 158.405 pasien Covid-19 (C-19). Jokowi mengatakan, hal itu terwujud karena adanya kedisiplinan masyarakat dalam menggunakan masker.

Jokowi meminta agar pemakaian masker benar-benar terwujud sebagai disiplin nasional selama pandemi Covid-19. Pernyataan ini disampaikan presiden pada rapat terbatas (Senin, 14 September 2020).

Ayo bersama-sama terus memakai masker untuk melindungi diri kita semua, melindungi negeri kita tercinta, Republik Indonesia

Melalui pernyataan tertulis yang diterima Tagar dari Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman, dia menyebut Jokowi tidak akan lelah mengimbau masyarakat Indonesia untuk terus menggunakan masker.

"Partisipasi dan kolaborasi semua pihak terwujud dalam kemauan dan militansi menjalankan protokol kesehatan. Mayoritas individu Indonesia telah bergerak dengan kesadaran menaati protokol kesehatan, seperti memakai masker saat beraktivitas, menjaga jarak fisik, dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir," katanya, Selasa, 15 September 2020.

Fadjroel mengatakan, Jokowi telah mengorganisasi penanganan pandemi Covid-19 melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional secara terukur dalam perencanaan dan pelaksanaan. Prinsip dasar penanganan ini kata dia, adalah keseimbangan dan integrasi keselamatan kesehatan, serta perekonomian rakyat.

"Keseimbangan, koordinasi serta integrasi adalah kunci pencapaian kesehatan dan perekonomian optimal, dengan kolaborasi harmonis pemerintahan pusat, pemerintah daerah, dan partisipasi seluruh warga," ujarnya.

Dia berpandangan, dengan tumbuhnya kesadaran masyarakat, Presiden Jokowi tetap berdiri di garis depan dan tak lelah mengingatkan, serta mengajak seluruh elemen bangsa berkolaborasi menjadikan masker kebiasaan hidup untuk adaptasi di masa pandemi sebagai wujud dari disiplin nasional.

"Kita juga bersyukur kepada Tuhan YME atas kesembuhan 158.405 pasien Covid-19 (14 September 2020). Ayo bersama-sama terus memakai masker untuk melindungi diri kita semua, melindungi negeri kita tercinta, Republik Indonesia," ucap Fadjroel.[]

Berita terkait
Sahabat Bantah Ade Firman Meninggal karena Covid-19
Ade Firman Hakim diduga meninggal dunia karena virus Corona. Namun, para sahabat Ade mematahkan dugaan tersebut.
Ahli: Soal Covid-19, Respons Pembantu Jokowi Lamban
Ahli Epidemi Pandu Riono menilai gagalnya pemerintah menekan penularan Covid-19 karena pembantu Presiden Jokowi yang lamban merespons perintah.
Tugas Tambahan Presiden Jokowi untuk Menkes Terawan
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengaudit dan mengoreksi protokol kesehatan Covid-19.
0
Gus Menteri Ajak Santri Perkokoh Tradisi Pesantren
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar meminta seluruh santri memegang kokoh tradisi pesantren. Sebab, ini adalah budaya yang hanya ada di Indonesia.