UNTUK INDONESIA
158 Unit Rumah Terbakar di Kota Jayapura
Sebanyak 158 unit rumah hangus dalam kebakaran yang terjadi di Kampung Tengah Dok IX, Kelurahan Tanjung Ria, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura.
Tim Pemadam Kebakaran dan bantuan warga saat memadamkan api yang melahap ratusan rumah di Dok IX, Distrik Jayapura Utara, Senin 19 Oktober 2020 petang. (Foto: Tagar/Istimewa)

Jayapura – Polisi menyebut 158 unit rumah hangus dalam kebakaran yang terjadi di Kampung Tengah Dok IX, Kelurahan Tanjung Ria, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura pada Senin, 19 Oktober 2020 petang.

Sebanyak 728 jiwa mengungsi ke sejumlah lokasi penampungan di Distrik Jayapura Utara. Jumlah itu terdiri dari 340 kepala keluarga di tiga RT dan 2 RW yang rumahnya terbakar.

"Saat ini para korban telah mengungsi ke aula Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Papua, serta aula Dinas Sosial Papua," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal, Selasa, 20 Oktober 2020.

Kamal menuturkan, kebakaran terjadi pada pukul 18.10 WIT. Bermula ketika saksi bernama Muhammad Saleh mendengar suara teriakan warga yang mengatakan, "bau hangus".

Bahan bangunan yang terbuat dari kayu membuat api dengan cepat membesar dan merembet ke rumah lain

Kemudian terjadi percikan api dari kabel listrik di plafon rumahnya. Saksi ke luar rumah dan melihat api mulai menyala.

Muhammad berusaha menyelamatkan barang-barang miliknya dan meminta bantuan kepada warga sekitar untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Baca juga: 

"Bahan bangunan yang terbuat dari kayu membuat api dengan cepat membesar dan merembet ke rumah lain yang berada di sekitar lokasi kejadian," ujar Kamal.

Kapolsek Jayapura Utara, Iptu Handry Bawiling beserta anggotanya tiba di lokasi kejadian sekira pukul 18.20 WIT. Mereka mengamankan situasi dan membantu memadamkan api.

Berselang 10 menit, lima unit mobil damkar milik Pemerintah Kota Jayapura beserta 10 unit truk tangki air tiba di lokasi kebakaran untuk memadamkan kobaran api.

Namun, api semakin membesar karena embusan angin. Selain itu, adanya BBM jenis minyak tanah dan bensin di rumah warga membuat kobaran api menjalar ke rumah lainnya.

"Api berhasil dipadamkan pada pukul 21.05 WIT. Dua unit mobil AWC milik Dit Samapta Polda Papua dan satu unit mobil AWC milik Polresta Jayapura Kota juga turut membantu memadamkan api," kata Kamal.

Sementara kasus tersebut dalam penanganan Unit Reskrim Polsek Jayapura Utara didukung Polresta Jayapura Kota.

Olah tempat kejadian perkara juga telah dilakukan tim dari Bidang Laboratorium Forensik Polda Papua, Selasa, 20 Oktober 2020 pagi. []

Berita terkait
Penyebab Kebakaran Hebat Bekas Pabrik AAF di Aceh
Kebakaran hebat terjadi di area pabrik PT Asean Aceh Fertilizer (AAF) di Krueng Geukuh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Aceh.
Kebakaran Kios Ponsel di Siantar, 2 Karyawati Meninggal
2 karyawati kios ponsel di Pematangsiantar terjebak di kebakaran kios ponsel tempatnya bekerja. Keduanya ditemukan meninggal dunia.
Kebakaran Nyaris Ludeskan Balai Labkes Jateng di Semarang
Balai Laboratorium Kesehatan (Labkes) Jateng di Semarang nyaris ludes terbakar. Beruntung api tidak merembet, hanya membakar ruang radiologi.
0
Kapolres di Papua Diminta Amankan Pilkada dan Pengumuman CPNS
Kapolda Papua memerintahkan Polres jajarannya untuk mengamankan Pilkada dan pengumuman CPNS di wilayahnya. Ini alasannya.