15 Penyakit yang Berasal dari Toilet Kotor

Menjaga kebersihan toilet sangat penting untuk pencegahan beberapa penyakit dan infeksi.
Ilustrasi toilet kotor. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Menjaga kebersihan toilet sangat penting untuk pencegahan beberapa penyakit dan infeksi seperti hepatitis. Ini karena beberapa patogen melayang di atas dudukan toilet, tombol pembilas, semprotan jet, kenop pintu, dan area di sekitar toilet.

Ketika mikroba ini bersentuhan dengan kulit manusia atau masuk ke hidung, mulut atau mata melalui tangan yang terkontaminasi, mereka menyebabkan berbagai macam infeksi, di antaranya bisa parah atau mengancam jiwa.

Dilansir dari Boldsky, inilah berbagai infeksi yang mungkin ditularkan dengan menggunakan toilet kotor.


1. Radang tenggorokan 

Streptococcus adalah bakteri yang paling umum ditemukan di kamar kecil. Ini adalah penyebab utama berbagai macam infeksi, termasuk radang tenggorokan. Karena bakteri ini sangat menular, ia dapat menginfeksi seseorang melalui benda-benda kamar mandi yang terkontaminasi atau katakanlah, dari benda yang disentuh orang yang terinfeksi seperti gagang pintu.


2. Diare

Diare disebabkan oleh bakteri Salmonella atau Campylobacter. Ketika seseorang bepergian ke suatu tempat dengan sanitasi yang buruk, mereka juga dapat mengalami diare karena infeksi E. coli, Shigella atau parasit tertentu yang ada pada tinja.


3. Ebola

Di daerah wabah Ebola seperti Afrika Barat, penularan virus Ebola biasa terjadi melalui kotoran manusia. Penularan ebola terkait limbah dapat dikurangi jika layanan limbah dan sanitasi di daerah endemik Ebola ditingkatkan.


4. Kolera

Kolera terutama menyebar melalui jalur feses-oral dan permukaan lingkungan yang terkontaminasi seperti danau atau lahan pertanian. Dengan fokus pada jalur penularannya yaitu sanitasi yang tidak tepat, kita dapat mencegah dan mengendalikan penyebaran penyakit di banyak daerah di mana kolera endemik.


5. Gonore

Ini adalah jenis penyakit menular seksual (PMS) yang bisa menyebar melalui dudukan toilet. Infeksi gonore dapat menyebabkan gejala seperti keputihan yang kental dan berwarna hijau dalam waktu singkat dan mungkin resisten terhadap beberapa antibiotik seperti ciprofloxacin.

6. Infeksi kulit

Bakteri streptokokus dapat menyebabkan infeksi kulit ringan hingga berat seperti impetigo dan necrotising fasciitis melalui dudukan toilet umum. Bakteri tersebut juga dapat menyebabkan bisul di bokong dan iritasi pada kulit perianal.


7. Pneumonia

Sebuah penelitian membuktikan adanya bakteri pneumonia pada ponsel petugas kesehatan. Mikroba diperkirakan telah ditularkan ke perangkat dari berbagai sumber termasuk dudukan toilet. Ini mungkin terjadi ketika seseorang menggunakan ponselnya saat buang air besar dan tidak mencuci tangan


8. Kutu kemaluan

Kutu kemaluan terutama ditemukan di area rambut kemaluan. Mereka menyebar terutama melalui dudukan toilet atau kontak seksual. Rasa gatal di daerah genital pada malam hari adalah gejala utama infeksi

9. ISK 

Kebiasaan buang air kecil yang buruk dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih (ISK), yang merupakan alasan paling umum kedua untuk mengunjungi rumah sakit. ISK merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi pada wanita usia muda, terutama yang memiliki kebiasaan menggunakan toilet barat.


10. Demam berdarah

Streptokokus Grup A adalah penyebab utama demam berdarah, jenis bakteri yang sama yang menyebabkan radang tenggorokan. Bakteri itu menyebar melalui transfer mukosa atau tetesan yang terinfeksi seperti sekresi hidung, bersin atau batuk.

11. Keracunan makanan

Konsumsi makanan melalui tangan yang terkontaminasi dapat menyebabkan keracunan makanan. Ini terjadi ketika seseorang tidak mencuci tangan setelah mengunjungi kamar mandi atau toilet umum. Perpindahan bakteri Salmonella dari toilet rumah tangga dapat membuat anggota keluarga lainnya sakit.


12. Infeksi hepatitis A

Infeksi ini biasanya ditularkan melalui jalur fekal-ke-oral. Gejala infeksi hepatitis A termasuk demam, mual dan kram perut. Masa inkubasi virus yang lama itulah sebabnya infeksi seringkali tidak dikenali.

13. Pilek dan Flu

Virus pilek dan flu juga termasuk infeksi virus umum yang dapat menyebar dengan menggunakan toilet kotor. Virus ini dapat menyebabkan gejala mirip flu seperti sakit kepala, demam, hidung tersumbat atau meler.


14. Kram perut

Kram perut bisa disebabkan oleh infeksi bakteri E-coli melalui dudukan toilet yang terkontaminasi. Kadang-kadang, diare dapat berkembang dan menjadi lebih buruk yang menyebabkan kram perut yang parah bersama dengan tinja berdarah dan muntah. []

Berita terkait
Tips Pelatihan Toilet untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan
Melatih anak Anda menggunakan pispot pada usia yang tepat akan membantu mereka mengetahui cara merespons kebutuhan fisiologis mereka.
Kenali 7 Gejala Penyakit Batu Ginjal
Batu ginjal terjadi saat mineral dan zat lain dalam darah mengkristal di ginjal dan membentuk batu sehingga penting mengetahui gejalanya.
Sejumlah Penyakit Infeksi Selain Covid yang Perlu Diwaspadai
Penyakit infeksi seperti tuberkulosis (TBC) dan HIV juga memiliki tingkat kasus yang tinggi di Indonesia.
0
15 Penyakit yang Berasal dari Toilet Kotor
Menjaga kebersihan toilet sangat penting untuk pencegahan beberapa penyakit dan infeksi.