UNTUK INDONESIA
15 Hektare Sawah di Aceh Terancam Gagal Panen
Puluhan hektare sawah milik warga di Desa Suak Ribe, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, terancam gagal panen karena banjir rob.
Sawah milik warga di Desa Suak Ribe, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh terancam gagal panen akibat terendam banjir rob selama dua hari, Senin 13 Juli 2020. (Foto:Tagar/Vinda Eka Saputra).

Aceh Barat – Sawah seluas 15 hektare milik warga di Desa Suak Ribe, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, terancam gagal panen karena terendam air laut akibat banjir rob yang terjadi sejak Sabtu, 12 Juli 2020 lalu.

Kepala Desa Suak Ribe, Teuku Razali mengatakan sawah warga yang terancam gagal panen ini diakibatkan karena terendam air laut selama dua hari, sehingga menyebabkan padi milik warga tidak bisa tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya.

"Luas lahan sawah milik warga yang terendam akibat banjir rob ini ada sekitar 15 hektare, akibat direndam air laut tersebut padi-padi milik warga jadi menguning dan kering serta terancam tidak pane untuk tahun ini," ujar Razali kepada Tagar, Senin 13 Juli 2020.

Razali menuturkan, untuk seluruh padi milik warga Desa Suak Ribe yang terendam ini seharusnya akan masuk waktu panen dalam tiga rentang waktu yang berbeda. Beberapa di antaranya ada yang seminggu lagi akan panen, ada pula yang dua minggu dan sekitar satu bulan setengah lagi memasuki waktu panen.

"Tanaman padi yang paling berpotensi akan tidak jadi panen akibat terendam air laut, yaitu padi yang masa panennya sekitar dua minggu dan sebulan mendatang," tutur Razali.

Kerugian yang dialami warga akibat gagal panen dan kolam ikan yang meluap ini ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Selain sawah, banjir rob yang terjadi juga mengakibatkan sekitar 30 kolam budidaya ikan air tawar milik warga meluap, sehingga sebagian ikan yang ada di kolam hanyut terbawa air banjir dan menimbulkan kerugian kepada pemiliknya.

Padalah, kata Razali, untuk per satu kolam saja biasanya di isi kurang lebih sekitar seribu ekor ikan air tawar oleh para pemilik budidaya.

"Untuk kerugian yang dialami warga akibat gagal panen dan kolam ikan yang meluap ini ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Jadi tahun ini 15 hektare padi di sawah milik warga tersebut hasilnya tidak akan bisa dibawa pulang karena gagal panen," Kata Teuku Razali.

Lantaran peristiwa itu, Razali beserta warga lain berharap kepada pemerintah agar segera membangun tanggul di sepanjang bibir pantai.

Pasalnya, hampir sebagian besar penduduk Desa Suak Ribe tinggal di pinggir pantai dan hampir rata-rata dari mereka menggangtungkan ekonomi pada sektor pertanian. []

Berita terkait
2.493 Hektare Sawah di Aceh Terancam Gagal Panen
Akibat kemarau, 2.493 hektare persawahan di wilayah Kabupaten Aceh Besar, Aceh menyebabkan kekeringan.
Petani Magelang yang Gagal Panen Dapat Rp 40,2 Juta
Tanaman padi seluas 6,7 hektar yang rusak di Kabupaten Magelang mendapat klaim asuransi sebesar Rp 40,2 juta.
Petani Bantaeng Terancam Gagal Panen
Akibat musim kemarau yang panjang, membuat petani di Kabupaten Bantaeng bakal mengalami gagal panen.
0
15 Hektare Sawah di Aceh Terancam Gagal Panen
Puluhan hektare sawah milik warga di Desa Suak Ribe, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, terancam gagal panen karena banjir rob.