15 Hal Kecil yang Membuat Ibu Kita Bahagia

Meluangkan waktu untuk membuatnya merasa istimewa sangat bermanfaat, terutama pada hari-hari ketika dia merasa sedih atau stres.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Meskipun tanggal 25 Desember merupakan hari ibu kita tidak perlu menunggu hari ibu untuk membuat ibu bahagia. Kita dapat menerima kasih ibu begitu saja dalam kehidupan kita sehari-hari, itulah sebabnya kita harus mengingatkan diri kita sendiri bahwa ibu kita bukanlah manusia super. Mereka juga perlu diperhatikan dan ditunjukkan betapa mereka dicintai dan dihargai. Meluangkan waktu untuk membuatnya merasa istimewa sangat bermanfaat, terutama pada hari-hari ketika dia merasa sedih atau stress. Berikut adalah 15 cara sederhana untuk membuat ibu bahagia:


1. Tanyakan bagaimana perasaannya

Sosok ibu juga membutuhkan orang untuk diajak bicara. Tidak peduli seberapa dia tampak tegar, ada hari-hari ketika dia membutuhkan dorongan kepercayaan diri ekstra atau bahu untuk bersandar. Menanyakan kondisi ibu akan membuatnya merasa terlihat dan dicintai.


2. Minta maaf jika telah melakukan sesuatu yang salah

Ini mungkin tampak seperti no-brainer, tetapi kita akan terkejut! Saat ibu marah, menyemangatinya mungkin terasa seperti tugas yang mustahil. Tetapi tidak peduli berapa banyak tugas yang kita lakukan, kemungkinan dia masih tidak akan bahagia kecuali kita telah meminta maaf dengan benar. Melakukan hal itu menunjukkan kepadanya bahwa kita telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan perasaannya dan bagaimana tindakan kita dapat memengaruhinya.


3. Lakukan tindakan kebaikan secara acak

Siapa yang tidak suka bangun untuk sarapan di tempat tidur? Melakukan hal-hal kecil semacam itu untuk ibu pasti akan membuatnya tersenyum. Itu mengingatkannya bahwa dia dihargai sama seperti anggota keluarga lainnya. Saran lain termasuk memesan makanan favoritnya, atau menawarkan untuk memberinya pijatan yang sangat dibutuhkannya.


4. Beri dia buket bunga

Sikap manis dan sederhana seperti ini tetap klasik karena suatu alasan. Tapi ini tidak membutuhkan banyak biaya, dan itu adalah pengingat yang indah tentang betapa kita menghargai ibu. Dia akan senang menerima karangan bunga itu dan akan membuatnya merasa istimewa!


5. Masak untuk ibu

Banyak ibu menghabiskan waktu berjam-jam untuk merencanakan, menyiapkan, dan memasak untuk keluarga mereka. Kita hanya bisa membayangkan bagaimana stres yang harus dilakukan setiap hari! Jadi, mengapa tidak memasak untuk ibu saja?


6. Beri ibu waktu istirahat

Tidak peduli seberapa besar wanita itu mencintaimu, tidak diragukan lagi dia benar-benar kelelahan. Lagi pula, pikirkan semua hal yang harus dilakukan ibu! Memberinya istirahat akan membantunya mengisi ulang dan beristirahat. Tawarkan untuk masuk sebentar sehingga dia bisa tidur atau mengambil cuti untuk melakukan apa pun yang dia inginkan!


7. Habiskan waktu bersamanya

Antara pekerjaan, sekolah, kehidupan pribadi kita dan media sosial, kita secara kolektif cenderung terjebak dalam semua kesibukan. Cara pasti untuk membuatnya bahagia adalah dengan menghabiskan waktu bersamanya! Sesuatu yang kecil seperti meneleponnya atau minum kopi bersamanya akan membuatnya merasa disertakan.


8. Bawa dia keluar ke suatu tempat

Pilihan lain adalah mengajak ibu keluar untuk hari itu! Ini biasanya sesuatu yang sangat dibutuhkan setelah terkurung di rumah atau kantor, jadi mengapa tidak membawanya ke tempat yang menyenangkan, seperti restoran atau film baru? Ada begitu banyak pilihan untuk dipilih!


9. Tinggalkan catatan lucunya

Cara lain yang sederhana (dan mudah) untuk menghibur ibu dengan meninggalkan catatan manis di sekitar rumah/tempat kerja agar dia dapat menemukannya. Ini adalah ide yang sangat menggemaskan jika kita memperhatikan ibu sedang sedih. Menyebarkan sedikit pengingat tentang bagaimana dia istimewa dan berharga dapat membantu mengubah hari yang buruk menjadi hari yang lebih baik. Ibu juga membutuhkan pemandu sorak pribadi!


10. Lakukan pekerjaan rumah 

Meski menyebalkan, cerewetnya ibu pasti ada alasan, terutama kalau rumah berantakan. Kita dapat membuat hari ibu menyenangkan dengan membantu di sekitar rumah tanpa diberi tahu.


11. Beri dia hadiah

Kita semua suka mendapatkan hadiah, dan ibu tentu pasti juga suka. Mengejutkannya dengan sedikit sesuatu yang istimewa pasti akan membuatnya bersemangat.


12. Akui semua yang dia lakukan

Kebenaran yang menyedihkan adalah bahwa ibu sering dianggap remeh, terutama karena kita menganggap mereka akan ada di sana untuk melakukan segalanya sampai mereka tidak melakukannya. Tapi tidak harus seperti itu. Meluangkan waktu untuk dengan tulus mengakui upaya ibu akan menghangatkan hatinya dan membuat dia tahu bahwa semua yang dia lakukan tidak sia-sia.


13. Buat dia merasa dibutuhkan

Bahkan ketika kita sudah dewasa, orang tua kita biasanya merasa sulit untuk melepaskan naluri orang tua tertentu itu. Dalam kasus ibu, dia bisa merasa sedih jika dia merasa kita tidak lagi membutuhkannya. Kita dapat mengatasi hal ini dengan mencari cara untuk melibatkannya tanpa melepaskan kemandirian kita, seperti meminta nasihat atau berbicara dengannya tentang masalah apa pun yang kita alami.


14. Beri dia hadiah buatan sendiri

Tidak masalah apa saja yang kita buat! Sebuah puisi, kartu, lukisan, mangkuk keramik, apapun itu, gerakan sederhana ini saja sudah memberitahunya bahwa kita telah berusaha membuat sesuatu hanya untuknya.


15. Katakan padanya bahwa kita mencintainya

Terakhir dan yang paling penting, jangan lupa untuk mengatakan padanya bahwa kita mencintainya. Beri tahu ibu ini sebanyak mungkin, dengan cara apa pun yang bisa kita pikirkan. Dia pantas mendapatkannya.

(Vidiana Lihayati)

Berita terkait
5 Cara Membangun Hubungan Harmonis Antara Orang Tua dan Anak
Hubungan antara orang tua dan anak adalah tidak dapat dipatahkan dan melampaui ikatan emosional apa pun.
3 Cara Orang Tua Dapat Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak
Kecemasan atau anxiety sering terjadi ketika seseorang tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya di masa depan.
Anak Disuruh Timbang Badan di Wahana Air, Ibunya marah
Sang ibu merasa anaknya jadi korban body shamimg.
0
15 Hal Kecil yang Membuat Ibu Kita Bahagia
Meluangkan waktu untuk membuatnya merasa istimewa sangat bermanfaat, terutama pada hari-hari ketika dia merasa sedih atau stres.