15 Fakta Mencengangkan Tentang Rokok

Namun keseringan merokok juga dapat memberikan efek samping pada kesehatan manusia. Berikut adalah fakta-fakta menarik seputar rokok.
Rokok (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta - Merokok nampaknya sudah suatu hal yang lumrah dilakukan banyak orang, bahkan masyarakat luar Indonesia sekalipun. Kegiatan ini pun juga sudah merambah pada para remaja serta anak-anak pun sering didapati sudah merokok sejak berusia belia.

Namun keseringan merokok juga dapat memberikan efek samping pada kesehatan manusia. Berikut adalah fakta-fakta menarik seputar rokok.

1. Rokok pertama kali ditemukan orang Brazil pada 2000 tahun yang lalu. Mereka membuat rokok dengan menggulung tembakau di dalam kertas.

2. Rokok mengandung arsenik, formaldehyde, lead, hidrogen sianida, oksida nitrogen, karbon monoksida, amonia, dan 43 jenis karsinogen yang telah dikenal.

3. Rokok dapat berisi lebih dari 4.000 bahan, yang ketika dibakar, juga dapat menghasilkan lebih dari 200 senyawa bahan kimia. Beberapa dari senyawa kimia tersebut berhubungan dengan kerusakan paru-paru.

4. Perlu kamu tahu bahwa nikotin mencapai otak hanya dalam waktu 10 detik setelah kamu menghisap rokok dan akan menyebar ke seluruh tubuh sangat cepat.

5. Kamu akan mengurangi 11 menit dari usia hidupmu dengan setiap rokok yang kamu hisap dan mengurangi 14 tahun umur perokok.

6. Lebih dari 600.000 perokok pasif meninggal dunia setiap tahunnya di seluruh duna.

7. Ada 15 milliar batang rokok setiap harinya yang dihisap di seluruh dunia

8. Sepertiga dari penduduk dewasa dunia adalah perokok dan ada 69% perokok yang benar-benar ingin berhenti merokok, tetapi kebanyakan mereka gagal.

9. Merokok menjadikan buah dada lebih cepat kendur dibandingkan dengan bukan perokok, karena bisa mengurangi protein dalam kulit yang disebut Elastin yang memberi kulit nampak lebih muda dan mengencangkan payudara.

10. Pasar rokok senilai $400 milliar dan rokok adalah barang dagangan yang paling laris di dunia. Sekitar 70% pasar rokok dunia dikuasai oleh perusahaan rokok Camel, Ken, Kool, dan Marlboro.

11. Para perokok akan merasakan efek seperti ketenangan, relaksasi, kewaspadaan, stimulasi, konsentrasi dan banyak lagi lainnya. Bahkan, merokok akan menghasilkan efek yang berbeda pada setiap individu tergantung pada harapan perokok. Perokok akan menggunakan harapan-harapan tersebut sebagai sarana untuk melanjutkan kebiasaannya itu.

12. Merokok diperbolehkan bagi anak yang belum dewasa di Amerika dan sebagian besar negara-negara Eropa. Namun menjual rokok kepada anak atau orang yang belum dewasa adalah dilarang.

13. Setiap tahunnya terdapat 1,69 milliar ponds puntung rokok. Hal ini menyebabkan rokok menjadi barang paling nyampah di dunia

14. Merokok diperbolehkan bagi anak yang belum dewasa di Amerika dan sebagian besar negara-negara Eropa. Namun menjual rokok kepada anak atau orang yang belum dewasa adalah dilarang.

15. Produsen rokok terbesar di dunia adalah Cina dengan sepertiga dari perokok di dunia berasal dari Cina, bahkan penduduk amerika lebih sedikit dibanding populasi perokok di Cina.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Cuan Terbesar Grup Djarum dari Bisnis Rokok dan Perbankan
Sejauh ini, Djarum memperoleh pendapatan terbesar dari bisnis rokok dan perbankan melalui PT Bank Central Asia Tbk (BCA)
Kenali Bahaya Nikotin di Rokok Elektrik
Dengan penggunaan jangka panjang, rokok elektrik alias vape juga dapat mengakibatkan serangan jantung atau stroke
Kapal Pengangkut Miras dan Rokok Ilegal Diamankan Bea Cukai
KM I Putri II Putra yang membawa muatan tanpa dilindungi dokumen kepabeanan saat diamankan di Perairan Dapur 12 Atas.
0
15 Fakta Mencengangkan Tentang Rokok
Namun keseringan merokok juga dapat memberikan efek samping pada kesehatan manusia. Berikut adalah fakta-fakta menarik seputar rokok.
Ciri-ciri Rumah Pembawa Keberuntungan
Trik Cerdas Menghindari Aksi Begal