UNTUK INDONESIA
140 Penerbangan Pindah dari Adisutjipto ke Bandara YIA
Januari 2020, seluruh penerbangan domestik di Bandara Adisutjipto rencananya akan dipindahkan ke Bandara YIA.
Pesawat Garuda Indonesia yang mendarat di Yogyakarta International Airport (YIA), Jumat 4 Oktober 2019. (Foto: Tagar/Harun Susanto)

Kulon Progo - Pembangunan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, semakin mendekati akhir penyelesaian, dengan capaian 85 persen.

Targetnya pembangunan secara keseluruhan bisa dicapai pada Desember 2019. Apalagi Bandara YIA memang dipersiapkan untuk menghadapi libur Natal dan Tahun Baru mendatang.

Jika hal ini tercapai, pada Januari 2020, seluruh penerbangan domestik di Bandara Adisutjipto rencananya akan dipindahkan ke Bandara YIA.

Jumlahnya sekitar 140 penerbangan. Sementara untuk penerbangan internasional, rencananya akan mulai beroperasi di YIA pada April 2020.

"Nantinya minimal akan ada 140 flight internasional per hari yang terlayani di YIA," ujar Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manajer Bandara YIA, Agus Pandu Purnama di Kulon Progo, Minggu 6 Oktober 2019.

Agus Pandu menjelaskan, demi memaksimalkan pelayanan, pada Desember mendatang yaitu pada saat pembangunan ruang tunggu selesai, terminal domestik rencananya akan dipindah ke lantai tiga. Kemudian di bagian bawah, digunakan untuk layanan penumpang internasional.

"Dengan kapasitas delapan persen terminal saat ini, secara umum para penumpang tetap bisa kita layani dengan baik," ucapnya.

Dia mengharapkan, masyarakat bisa menggunakan jasa penerbangan di Bandara YIA. Meski pada saat ini aksesibilitas menuju YIA masih menjadi catatan, namun tidak perlu dikhawatirkan karena pemerintah berencana akan membuat jalan tol dari pusat kota menuju ke YIA dan juga akan ada jalur kereta api ke terminal bandara.

Semoga dengan adanya YIA, pariwisata DIY dan sekitarnya akan lebih maju

Agus Pandu menambahkan, YIA kini sudah didarati pesawat berbadan lebar yaitu Garuda Indonesia berjenis A 330 seri 200 pada Jumat 4 Oktober 2019. Pesawat berkapasitas 222 penumpang ini, nantinya akan melayani penerbangan reguler setiap Jumat dan Minggu.

"Penerbangan baru dari maskapai Garuda Indonesia ini akan melayani rute YIA-Soekarno Hatta dan juga sebaliknya dengan dua penerbangan dalam sepekan," terangnya.

Dikatakan, sejak beberapa minggu lalu sudah ada tambahan penerbangan, yakni dari Citilink, Lion Air dan Air Asia. Sehingga hingga kini ada 30 flight, yang dilayani di YIA.

Untuk jalur kereta, lanjutnya, PT Angkasa Pura I telah berkoordinasi dengan PT KAI Daop VI Yogyakarta terkait penambahan rute perjalanan kereta api.

Saat ini, dari rencana keseluruhan yaitu 32 lintasan, operasional Kereta Api Bandara baru mencapai tujuh lintasan yang berhenti di Stasiun Wojo. Adapun rute yang belum terakomodir, masih menunggu izin operasional dari Kementerian Perhubungan.

"Upaya lainnya adalah menambah sarana angkutan taksi menjadi 40 armada dari sebelumnya hanya 20 armada. Tawaran kerja sama dari Taksi Online Kulon Progo (TOKP) kini juga diterima sehingga seluruhnya akan melayani aksesibilitas para pengguna jasa YIA. Adanya tambahan penerbangan harus diikuti juga dengan fasilitas pendukung aksesibilitasnya," kata Pandu.

Sementara itu, musisi Yovie Widianto, berharap Bandara YIA bisa menjadi bandara kebanggaan Yogyakarta bahkan juga Indonesia. Selain itu keberadaannya juga bisa mendukung perkembangan pariwisata dan budaya DIY dan sekitarnya.

"Semoga dengan adanya YIA, pariwisata DIY dan sekitarnya akan lebih maju," ujarnya. []

Berita terkait
BCL dan Sederet Artis, Mendarat Perdana di Bandara YIA
Bunga Citra Lestari (BCL) bersama sejumlah artis Ibukota berkesempatan mendarat di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).
Bangunan Bandara YIA Dipersiapkan Antisipasi Tsunami
Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo sudah mengantisipasi kemungkinan terjadinya tsunami di pesisir selatan P.Jawa
Jokowi: Pembangunan Bandara YIA Tercepat di Indonesia
Dalam kunjungannya ke Bandara YIA di Kulon Progo Presiden Jokowi mengatakan pembangunan bandara ini tercepat di Indonesia, bahkan di dunia.
0
Jokowi Bagikan 41 SK Pengelolaan Lahan Hutan di Riau
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan 41 Surat Keputusan (SK) pengelolaan Perhutanan Sosial bagi 20.890 kepala keluarga di Provinsi Riau.