1.398 Petani Bahagia, Utangnya Dibayar Amitabh Bachchan

Membayar utang sebesar Rp 8,1 miliar, meski bukan tanggung jawabnya.
Amitabh Bachchan. (Foto: IG @amitabhbachchan)

Jakarta, (Tagar, 21/11/2018) - Sedikitnya 1.398 petani yang memiliki utang di India dapat bernapas lega. Aktor gaek Amitabh Bachchan mengaku menggelontorkan dana untuk membayar utang ribuan petani itu meski bukan tanggung jawabnya.

Dilansir dari BBC News, Selasa (20/11), bintang film berusia 76 tahun itu rela mengeluarkan 40 juta rupee atau sekitar Rp 8,1 miliar untuk 1.398 petani. Rata-rata petani yang dibebaskan dari jerat utang berasal dari kota di mana Bachchan dilahirkan, Uttar Pradesh.

Agar pelunasan utang petani berjalan lancar, Bachchan membayar melalui perantara yang terpercaya. Bank of India menjadi pilihannya. Ancang-ancang dari pihak bank pun telah dilakukan. Sejumlah dokumen dan sertifikat pelunasan utang tahap pertama telah dibuat.

"Saya memiliki harapan memberikan dokumen pelunasan utang, sebagai bentuk utang petani telah dibebaskan," kata Bachchan.

Selain melunasi utang, Bachchan menyewa gerbong kereta untuk memfasilitasi petani menuju ke tempat tinggalnya di Mumbai. Namun, tidak ribuan petani difasilitasi, hanya 70 perwakilan petani saja yang nantinya akan menyebar surat-surat pelunasan utang. Rencananya petani itu akan tiba di Mumbai pada 26 November 2018.

Sebelumnya Bachchan pernah melakukan hal serupa pada awal 2018. Bintang film yang berprofesi sebagai produser ini juga melunasi utang dari 350 petani di Maharashtra.

Menjadi petani di India memang tak jauh dari kemiskinan. Sebab itu ratusan ribu petani di negara ber-Ibu Kota New Delhi itu terbelit utang. Masalah itu membuat banyak psikologis petani di India terganggu. Maka tak sedikit dari mereka mencoba bunuh diri mengakhiri problematika yang menerpa. Menurut data, sedikitnya 300 ribu petani di India bunuh diri sejak 1995.

Berita terkait
0
Indonesia Akan Isi Kekurangan Pasokan Ayam di Singapura
Indonesia akan mengisi kekurangan pasokan ayam potong di Singapura setelah Malaysia batasi ekspor daging ayam ke Singapura