Indonesia
13 Ribu Personel Polda Sumatera Utara Disiagakan
Polda Sumut disiagakan untuk pengamanan kantor KPU, Bawaslu dan dan beberapa objek vital lainnya di Sumut
TNI dan Polri siaga lakukan pengamanan pasca pengumuman hasil Pemilu 2019. (Foto: Tagar/Reza Pahlevi)

Medan - Personel Polda Sumut dan Polrestabes Medan disiagakan untuk melakukan pengamanan di kantor KPU, Bawaslu dan dan beberapa objek vital lainnya yang ada di Sumut pasca pengumuman hasil Pemilu 2019 oleh KPU RI.

Beberapa elemen masyarakat dikabarkan akan melakukan aksi unjuk rasa di Sumut, Polda Sumut langsung mengantisipasi dan siap mengawal agar massa yang menyampaikan aspirasi bisa berjalan dengan tentram dan lancar.

Baca juga: Kapolda Sumut Siapkan Pengamanan Aksi Massa Capres

Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan menegaskan hal itu, Selasa 21 Mei 2019. Menurutnya, personel yang diturunkan Polda Sumut berkisar 13.002 dan ditambah prajurit Kodam I Bukit Barisan (TNI). Personel disiagakan hingga situasi berjalan normal.

"Kita imbau kepada semua masyarakat agar percaya dengan lembaga penyelenggara pemilu yaitu KPU. Tidak usah ikut-ikutan melakukan hal yang tidak baik," kata Nainggolan.

Baca juga: Kapolda Sumut Akui Ada Gerakan Makar

Selanjutnya kepada masyarakat yang akan melakukan aksi unjuk rasa atau orasi, Nainggolan berpesan agar menyampaikan aspirasi dengan baik dan tidak boleh melanggar aturan.

"Kita boleh menyampaikan pendapat, tetapi harus ikut aturan, misalnya tidak boleh mengganggu masyarakat lain, mengganggu arus lalulintas, ketertiban umum. Sampaikan pendapat itu juga harus santun," sambungnya.[]

Berita terkait
0
Jaksa Agung Janji Jokowi
Janji Presiden Jokowi akan mengangkat jaksa agung dalam kabinet barunya mendatang bukan dari partai politik. Tulisan opini Lestantya R. Baskoro.