UNTUK INDONESIA
12,4 Kg Ganja Asal Riau Gagal Beredar di Pasuruan
Satres narkoba Polres Pasuruan mengamankan tiga orang yang hendak bertransaksi ganja di salah satu hotel di Pasuruan, Jawa Timur.
Kasatnarkoba Polres Pasuruan, AKP Sugeng bersama Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat jumpa pers penangkapan penyelundupan sabu di Mapolda Jatim, Rabu 15 Januari 2020. (Foto: Tagar/Haris D Susanto)

Surabaya - Kepolisian Resort (Polres) Pasuruan berhasil mengamankan Ganja dengan berat 12,4 kilogram (kg). Barang ini dibawa oleh tiga pelaku, yakni ANB 25 tahun, YF 24 tahun dan RW 32 tahun.

Kasatresnarkoba Polres Pasuruan, AKP Sugeng mengatakan ketiga pelaku ini berhasil dibekuk saat hendak melakukan transaksi di Hotel Grand City Batu, Pasuruan.

"Jadi tanggal 3 Januari 2020 melakukan operasi yang pertama kali, hasilnya kita menangkap tiga pelaku yang ternyata dia kedapatan di dalam mobolilnya ada ganja 2 kg," kata Sugeng di Mapolda Jatim 15 Januari 2020.

Setelah penangkapan itu, Sugeng melakukan pengembangan dan kembali menemukan ganja di rumah pelaku dengan berat 10,4 kg, yang rencananya akan diedarkan di Pasuruan dan Malang.

Jadi tanggal 3 Januari 2020 melakukan operasi yang pertama kali, hasilnya kita menangkap tiga pelaku yang ternyata dia kedapatan di dalam mobolilnya ada ganja 2 kg

"Ya, setelah kedapatan 2 kg di dalam mobil, akhirnya kita kembangkan dan mendapatkan barang bukti lain," imbuh dia.

Sugeng menceritakan, barang-barang tersebut di dapat oleh ketiga pelaku dari Riau untuk dipasarkan di Pasuruan dan sekitarnya. Beruntung, pihak kepolsian berhasil menggagalkan peredaran tersebut.

"Barang ini dibawa dari Riau, lalu akan dijual di sini. Tapi beruntungnya anggota Satresnarkoba berhasil mengendus transaksi ini," ujar dia.

Selain mengamankan 12,4 kg ganja, dari tangan pelaku, Satresnarkoba juga menyita uang tunai Rp 22 juta dan tiga buah telefon genggam.

"Uang tunai yang kami sita ini dari hasil penjualan pelaku," ucap Sugeng.

Atas perbuatan ini, ketiga pelaku ini dijerat dengan pasal 132 ayat (1) atau pasal 114 ayat (2) atau pasal 111 ayat (2) atau pasal UU RI No. 35 tahun 2009 tentang narkotika. []

Berita terkait
Tri Rismaharini Minta Guru Ubah Metode Mengajar
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melihat guru perlu mengubah metode mengajar agar siswa bisa lebih semangat dan fokus.
Polda Jatim Gagalkan Penyelundupan 10,8 Kg Sabu
Polda Jatim juga memburu satu tersangka lain yang diduga mengendalikan DAS dalam menyelundupkan sabu ke Surabaya.
Ello Mengaku Tak Tahu MeMiles Investasi Bodong
Musisi Ello mengakui melakukan top up dan mendapatkan reward satu unit mobil dari investasi bodong, MeMiles.
0
Fadli Zon Sebut Ahok Anak Emas Jokowi, Kenapa?
Waketum Partai Gerindra Fadli Zon menilai Presiden Jokowi menganakemaskan Komisaris Utama Pertamina, Ahok. Kenapa?